Belajar Cari Penghasilan di Internet dengan Adsense


(Indahnya berbagi........#4)





Di coretan keempat blog ini, Saya ingin berbagi pengetahuan tentang seputar Google Adsense. Sebuah program per iklanan yang sangat popular yang dijalanlankan oleh Google. 


Apa itu Google Adsense ?

Google Adsense adalah  sebuah program periklanan yang dijalankan oleh perusahaan besar Google. Setiap pemilik website di seluruh dunia dapat mendaftar di program ini yang jika pendaftarannya diterima maka pemilik website bisa menampilkan iklan - iklan di website-nya.

Iklan yang ditampilkan di Google Adsense bisa berupa teks, gambar, dan juga video. Iklan - iklan tersebut diatur penampilannya oleh google dan bisa menghasilkan uang dalam model pembayaran per-klik atau per seribu impresi. 

Untuk mendukung Adsense, Google memanfaatkan teknologi pencariannya yang canggih yang memungkinkan iklan ditampilkan berdasarkan tema yang dibahas, lokasi geografis pengunjung, dan faktor lainnya.

Mereka yang ingin bergabung untuk beriklan dengan Google Adsense dapat mendaftar di program AdWords. Google Adsense sudah sangat populer, selain karena isi iklannya tidak terlalu menggangu seperti halnya banner, juga isinya kadang bermanfaat karena berkaitan dengan teks yang dibahas.

Saat ini, Google Adsense memanfaatkan kode JavaScript untuk menampilkan iklan - iklan ke halaman web. Jika iklan ditampilkan ke halaman belum pernah di-crawl oleh Mediabot, maka halaman akan diisi iklan - iklan kemanusiaan yang disebut public servis announcements (PSAs). Iklan - iklan kemanusiaan ini juga sering tampil di halaman web yang menggunakan bahasa non-inggris (seperti bahasa Indonesia) dimana sering kali tidak ada kategori iklan yang layak muncul.

Crawler bernama Mediabot yang digunakan untuk Google Adsense berbeda dengan crawler Googlebot yang berguna untuk pengukuran search index pencarian Google. Banyak situs Google Adsense yang bertujuan hanya untuk mencari uang, dan para webmaster-nya pun berusaha keras untuk memaksimalkan pendapatan Google Adsense-nya.

Sumber iklan yang ada di Google Adsense adalah program AdWords. Cara untuk memaksimalkan Adsense pada umumnya tidak terlepas dari berikut ini :
  1. Penggunaan teknik - teknik yang mampu membuat orang datang ke website, contoh cara ini antara lain adalah online advertising
  2. Mengisi website dengan konten yang baik dan bermutu sehingga orang - orang akan berkunjung dan diharapkan mengklik iklan Google Adsense yang muncul
  3. Menuliskan tulisan - tulisan yang meminta pengunjung untuk melihat iklan Google Adsense. Namun perlu diperhatikan bahwa Google melarang penggunaan kata - kata seperti "Click on my Adsense ads" dan sejenisnya untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan.

Bagaimana Google Adsense Bekerja

Tiap kali ada pengunjung yang mengunjungi halaman web yang mengandung tag Adsense, kode JavaScipt akan membuat tag iframe yang atribut "src" nya mengandung URL dari halaman tersebut.

Untuk periklanan kontekstual, server Google menggunakan cache dari halaman tersebut atau kata - kata kunci yang ditemukan di halaman tersebut. Jika kata - kata kunci sudah di cache, iklan akan ditampilkan berdasarkan kata - kata kunci yang ada.

Untuk iklan yang menargetkan situs tertentu, pengiklan bisa memilih situs - situs yang diperbolehkan untuk ditampilkan dan membayarnya menggunakan mode CPM (cost per thousand impressions).

Untuk referral, Google mengatur langganan berbasis jangka panjang , uang dapat dihasilkan ketika pengunjung mendownload produk atau berlangganan isi website.

Untuk Search, iklan -iklan ditambahkan ke list dan jika diklik akan menghasilkan uang. untuk melindungi webmaster dari penyalahgunaan kode mereka, mereka bisa menentukan daftar website yang mereka miliki yang merupakan sumber dari Google Adsense mereka sehingga jika ada orang lain yang memasang kode Google Adsense dan mengklik maka hal tersebut dianggap tidak valid sehingga tidak membahayakan kredibilitas pemilik akun Google Adsense. 


Yang Harus Diwaspadai Dalam Google Adsense

Google Adsense memang program yang menggiurkan jika berhasil dijalankan dengan sukses, bayangan seorang Adsenser yang sukses memang kadang membuat banyak orang iri dan meneteskan air liur.

Bayangkan bagaimana orang bisa bekerja dari rumah atau warnet namun mendapat penghasilan dalam dolar. Tak heran banyak yang lantas "menghalalkan segala cara" dalam mendapatkan poin dolar dari Google Adsense. Namun karena terburu nafsu, bukan dolar yang diraih, alah banned massal yang didapat.

Dalam prakteknya sulit untuk menipu Google. Ada beberapa referensi dari penulis pengikut program Google Adsense mencoba berbagai macam trik, seperti menggunakan proxy untuk menyamarkan ip address ke negara lain kemudian mengklik iklannya sendiri namun tetap tidak bisa bahkan malah menuai hasil merugikan berupa di-banned oleh Google sendiri.

Entah teknologi apa yang dipakai Google, tapi ada dasarnya, apabila ada kecenderungan peningkatan uang secara drastis dimana sebelumnya belum pernah terjadi di akun Adsense, maka hal ini bisa menimbulkan kecurigaan..

Berikut ini adalah beberapa tip dan trik dari teman sekampus yang sudah mendapatkan penghasilan dari program Google Adsense :
  1. Perhatikan bahwa konten sebuah website adalah yang paling penting. Jangan terlalu bernafsu untuk memainkan SEO, menambah banyak backlink dan beragam teknik lainnya namun melupakan masalah konten website. Walaupun mungkin teknik SEO bisa membuat website tampak di atas hasil pencarian dan mendapatkan traffic lumayan selama beberapa saat namun efeknya tidaklah lama. Berbeda dengan jika konten memang menarik, maka akan banyak orang yang akan datang ke blog kita dan bahkan mengklik iklan atau melakukan search disitu.
  2. Jangan melakukan SEO menggunakan kata-kata porno. Hal ini memang bisa memperbanyak traffic ke tempat blog, Namun cara ini selain berdosa menurut agama (tidak barokah) juga membuat blog bisa di banned oleh Google. 
  3. Bersabarlah, banyak Adsenser tidak langsung mendapatkan 100$ pertama dalam 1 tahun, bahkan ada yang 2 tahun lebih. Yang terpenting adalah perlahan-lahan. Apabila terburu - buru maka malah merugi sendiri  

Kelayakan Untuk Berpartisipasi di Google Adsense 
(Sumber : https://support.google.com/adsense/answer/9724?hl=id)

Meskipun kami tidak dapat mengatakan apakah situs Anda akan layak tanpa meninjau permohonan Anda secara menyeluruh, ada beberapa hal yang dapat Anda periksa sebelum mengajukan permohonan untuk melihat apakah situs Anda akan cocok dengan AdSense.
  • Apakah Anda memiliki situs web?
    Anda harus memiliki situs web agar dapat berpartisipasi. Baca kiat untuk membuat konten yang menarik sehingga Anda akan memikat pengguna dan pengiklan ke situs Anda.
  • Apakah Anda berusia minimal 18 tahun?
    Seperti yang tercantum pada Persyaratan dan Ketentuan, kami hanya dapat menerima permohonan dari pemohon yang berusia lebih dari 18 tahun.
  • Apakah situs Anda mematuhi kebijakan program kami?
    Periksa apakah situs Anda mematuhi kebijakan kami sebelum mengirim permohonan. Perhatikan bahwa kami dapat mengubah kebijakan setiap saat dan berdasarkan Persyaratan dan Ketentuan kami, Anda berkewajiban mengikuti perubahan itu.
  • Apakah situs Anda sudah aktif selama setidaknya enam bulan?
    Di beberapa negara, termasuk China dan India, kami mewajibkan situs Anda sudah aktif selama setidaknya enam bulan sebelum situs akan dipertimbangkan. Kami mengambil langkah ini untuk memastikan mutu jaringan iklan kami dan melindungi kepentingan pengiklan dan penayang yang ada.
Bila Anda sudah siap, ajukan permohonan. Kami akan meninjau permohonan dan menghubungi Anda melalui email kurang lebih seminggu.

Kelayakan Untuk Akun yang Dihosting
AdSense bekerja dengan produk seperti Blogger dan YouTube untuk memungkinkan Anda membuat akun mitra host. Agar layak untuk akun AdSense yang dihosting melalui Blogger atau YouTube, Anda harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan kelayakan tertentu. Segera setelah blog atau saluran Anda layak untuk monetisasi melalui AdSense, Anda dapat mengajukan permohonan akun AdSense baru dan menautkan produk tersebut. Pelajari lebih lanjut Program Mitra YouTube dan cara mengaktifkan AdSense di blog Anda.
Jika Anda mendaftar ke AdSense melalui mitra host dan ingin menampilkan iklan di situs web mitra non-host milik Anda sendiri, Anda harus mengirimkan formulir permohonan sebanyak satu kali.
Untuk menggunakan produk monetisasi AdSense di situs web Anda, Anda harus memiliki akses untuk mengedit kode sumber laman web yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan. Jika Anda mengirim situs yang bukan milik Anda (misalnya, www.google.com), kode AdSense tidak dapat ditempatkan di situs tersebut dan permohonan Anda tidak akan disetujui.
Jika telah membuat situs web melalui sistem pengelolaan konten (CMS) (misalnya, Blogger), Anda dapat mengirimkan URL-nya asalkan Anda memiliki akses ke AdSense atau ke kode sumber HTML dari antarmuka tersebut.
Jika Anda tidak memiliki situs web, atau situs Anda tidak kompatibel dengan JavaScript, opsi di bawah ini akan membantu Anda memulai AdSense:
  • Buat blog baru menggunakan layanan Google, Blogger. Melalui Blogger, webmaster dapat menampilkan iklan Google tanpa sama sekali menyalin atau menempelkan kode HTML. Pendaftaran akun Blogger cepat, mudah, dan gratis.

    Setelah membuat blog, Anda dapat menambahkan iklan Google dengan mengikuti petunjuk ini untuk mengaktifkan AdSense di blog Anda.

  • Jika Anda ingin memonetisasi konten video YouTube, harap ajukan permohonan untuk Program Mitra YouTube atau jika akun YouTube Anda sudah layak untuk monetisasi, ikuti petunjuk yang ditampilkan di antarmuka YouTube untuk mengajukan permohonan AdSense.
Perhatikan bahwa kode iklan dan kode telusur AdSense dapat digunakan pada laman mana pun di semua situs yang sesuai dengan kebijakan program kami

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Liburan Tipis Tipis Wisata The Heritage Palace Solo Jawa Tengah