SMA Negeri 1 Bojonegoro Menerapkan Sistem Penilaian Berbasis Komputer


Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 64 ayat 1 menyatakan penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.

SMA Negeri 1 Bojonegoro penilaian dilakukan dalam bentuk penilaian Autentik dan Non-Autentik. Bentuk penilaian Autentik mencakup penilaian berdasarkan pengamatan, tugas ke lapangan, portofolio, projek, produk, jurnal, kerja laboratorium, dan unjuk kerja, serta penilaian diri. Penilaian Non-Autentik mencakup tes, ulangan, dan ujian, antara lain :
1. Ulangn harian yang berbasis komputer (CBT) yang dilakukan oleh pendidik setiap KD secara terintegrasi dengan proses pembelajaran
2. Ulangan tengah semester berbasis computer (CBT) yang dilakukan oleh pendidik setelah menempuh pembelajaran 7-8 minggu.   
3. Ulangan akhir semester berbasis computer (CBT) yang dilakukan oleh pendidik setiap akhir semester
4. Ujian sekolah berbasis computer yang dilakukan oleh satuan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan
5. Ujian Nasional Bersama Berbasis Komputer (UNBK) yang dilakukan oleh Pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah masuk dalam semua aspek kehidupan khususnya di bidang pendidikan. Sistem informasi berbasis computer yang didalamnya untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas saat ini sangat diperlukan sekali. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, system informasi mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang dibutuhkan.

SMA Negeri 1 Bojonegoro sudah menerapkan kesemuanya itu, baik dari system administrasi kepegawaian melalui system aplikasi dapodikmen, maupun system penilaian yang menggunakan aplikasi moodle yang merupakan aplikasi open source based computer. 

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Masa Putih Abu-Abu