Memaknai Kebangkitan Nasional

Memaknai Kebangkitan Nasional
(Purnomo Wahyudi,ST)

[20/05/2016], Hari ini seluruh warga negara Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Melihat sejarah,  tanggal 20 mei merupakan tonggak kebangkitan nasional, karena pada hari itu para pejuang kemerdekaan membangun kebersamaan dan persatuan untuk bangkit memperjuangkan kemerdekaan. 

Lantas bagaimana cara memaknai Hari Kebangkitan Nasional saat ini?

Kebangkitan Nasional bisa kita maknai dengan beragam cara, antara lain semangat bela negara dengan karya dan revolusi mental yang telah dicanangkan oleh pemerintah kabupaten Bojonegoro serta ikrar tekad bela negara dengan karya dan revolusi mental yang telah didengungkan oleh sejumlah perwakilan lapisan masyarakat Bojonegoro  yang disaksikan oleh wakil presiden RI dan sejumlah pejabat negara beberapa hari yang lalu, yakni ikrar mewujudkan kedaulatan pangan (terus berproduksi), ikrar mewujudkan kedaulatan energy (energi untuk bangsa), ikrar mewujudkan ramah HAM (Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI), ikrar mewujudkan revolusi mental (kejujuran nomor satu), ikrar mewujudkan ketahanan bencana (Bojonegoro tangguh - Indonesia Tangguh), dan ikrar mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang terbuka (dialog publik).

Sebagai seorang pendidik yang memahami akan fungsi dan tugasnya, menyiapkan anak didik dengan mencerdaskan, mencakapkan, dan memberikan pengalaman-pengalaman untuk membentuk karakter kepribadian anak didik yang harmonis sesuai  cita-cita dan dasar negara kita yakni Pancasila. Sebuah bentuk pengabdian memberikan pelayanan pendidikan secara professional. Dengan mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup dan kehidupan. Dengan mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan melatih berarti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan pada siswa. dan masih banyak beragam cara lainnya

Melalui Peringatan Hari Kebangkitan Nasional saat ini, kini saatnya bagi kita untuk memaknai kembali Kebangkitan Nasional dengan menjalankan peranan, fungsi, dan tugas kita masing-masing dengan penuh tanggung jawab dan professional untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara dengan arah yang lebih baik.     

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Liburan Tipis Tipis Wisata The Heritage Palace Solo Jawa Tengah