Algoritma dan Pemrograman [22/09/2016]

Pembinaan Ekstrakurikuler OSN Bidang TIK
Kamis, [22/09/2016] Pukul 13.30 - 15.30 WIB

Algoritma

Terdapat beberapa definisi dari algoritma. Akan tetapi pada prinsipnya senada dengan definisi yang kami kutip dari berbagai literatur, antara lain :
  1. Algoritma adalah deretan langkah-langkah komputasi yang mentransformasikan data menjadi keluaran [COR92]
  2. Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masalah dalam jumlah waktu yang terbatas [LEV03]
  3. Algoritma adalah prosedur komputasi yang terdefinis dengan baik yang menggunakan beberapa nilai yang disebut keluaran
Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari tentang langkah-langkah pengisian pulsa kartu prabayar
  1. Tekan #888 lalu tombol [calling]
  2. Tekan "2" untuk mulai memasukan pulsa
  3. Masukan 14 digit kartu prabayar
  4. Akhiri dengan menekan tombol #
Langkah-langkah yang dituliskan di atas itulah yang disebut algoritma. Meskipun di atas tidak menyebutkan langkah-langkah pengerjaan sebagai algoritma. Akan tetapi dalam konteks ini contoh di atas adalah algoritma. Setiap masalah mempunyai algoritma pemecahannya. Tugas kita sebagai pemecah masalah (problem solver) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penyelesaiannya.

Algoritma baru efektif jika dijalankan oleh sebuah pemroses (processor). Pemroses itu bisa saja manusia, komputer, robot, mesin, dan lain sebagainya. Pemroses membaca setiap instruksi di dalam algoritma lalu mengerjakannya. Menurut [GOL88], suatu pemroses harus :
  1. Mengerti setiap langkah dalam algoritma,
  2. Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.

Program dan Pemrograman

Komputer adalah alat bantu untuk menjalankan perintah-perintah di dalam algoritma yang telah "dimasukkan" ke dalamnya. Supaya komputer mengerti perintah yang dimaksudkan, maka perintah tersebut harus ditulis dalam bahasa yang dipahami olehnya. Oleh karena itu, algoritma harus ditulis dalam bahasa khusus, yaitu bahasa komputer. 
  1. Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program
  2. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program komputer dinamakan bahasa pemrograman
  3. Orang yang membuat program komputer disebut pemrogram
  4. Kegiatan merancang dan menulis program disebut pemorgraman
  5. Di dalam pemrograman ada aktivitas menulis kode program, kegiatan ini dinamakan coding
Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. ini berarti langkah-langkah di dalam algoritma menyatakan proses yang prosedural. Pada pemrograman prosedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri atas runtutan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh sebuah pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan/kondisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun. Kita katakan bahwa tahapan pelaksanaan program mengikuti pola beruntun atau prosedural. Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan pemrograman prosedural. Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C mendukung kegiatan pemrograman prosedural, Untuk lomba olympiade sains dimulai dari tingkat kabupaten hingga nasional bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini yang akan dipelajari dan digunakan adalah bahasa pascal.

Mengenal Struktur Bahasa Pascal  
  • Judul
    Program <judulnya>;
    Uses <unitnya>;
  • Bagian Deklarasi
    Label <nama labelnya>;
    Const<nama = nilai constantanya>;
    Type <namatype : typedatanya>;
    Var <nama_variabelnya>;
    Procedur <nama_prosedurnya>;
    Function <nama_fungsinya>;
  • Bagian Pernyataan
    Begin
    <pernyataan-pernyataan>'
    End.
Contoh Program Sederhana :

Listing Programnya 

Uses Crt;
Begin
          Writeln ('Saya sedang belajar');
          Write ('pemrograman');
          Writeln ('bahasa pascal');
          Writeln('di SMAN 1 Bojonegoro');
readln;
end.



Tekan Ctrl F9 untuk eksekusi program dan hasilnya :


Perintah Dasar :

  • Write ('Text/ Tulisan', variabel);
    Perintah untuk menampilkan atau cetak dilayar monitor tanpa pndah baris
  • Writeln ('Text/Tulisan', variabel);
    Perintah untuk menampilkan/cetak dilayar monitor lalu pindah baris ke bawah
  • Read(variabel);
    Perintah untuk menginput/mengisi data tanpa pindah baris
  • Readln(variabel);
    Perintah untuk menginput/mengisi data lalu pndah baris
  • CLRSCR;
    Perintah untuk membersihkan layar.
Tugas 

Buat listing program untuk satu paragraf tentang biodata diri masing-masing peserta olympiade sains kabupaten (OSK). Baik listing program dan hasil program (di print screen) kirim ke email : cybernet14071981@gmail.com

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Liburan Tipis Tipis Wisata The Heritage Palace Solo Jawa Tengah