-->
Purnomo Wahyudi

Pameran dan Bazar Buku SMA Negeri 1 Bojonegoro Sebagai Sekolah Rujukan

Pameran dan Bazar Buku SMA Negeri 1 Bojonegoro Sebagai Sekolah Rujukan

Minggu, [23/10/2016] Pagi hari ini pukul 06.00 wib di alun-alun kabupaten Bojonegoro, SMA Negeri 1 Bojonegoro menggelar pemutaran video profil sekolah, pameran dan bazar buku dalam rangka Sosialisasi SMA Rujukan SMA Negeri 1 Bojonegoro.  Kegiatan yang bertema “SMA Negeri 1 Bojonegoro sebagai sekolah SMA Rujukan” ini diadakan di area public alun-alun kabupaten Bojonegoro yang saat ini difungsikan untuk para pejalan kaki, bersepeda, jogging, dan bebas dari aktifitas kendaraan bermesin (car free day).





Terlihat stan pameran dan bazaar buku ramai dikunjungi oleh masyarakat para pejalan kaki, bersepeda, dan jogging yang antusias ingin mengetahui tentang apa itu sekolah SMA Rujukan 

SMA Rujukan ?

Perlu diketahui bahwasanya pada tahun pelajaran 2016/2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memilih SMA Negeri 1 Bojonegoro sebagai sekolah rujukan di Kabupaten Bojonegoro. Sekolah yang berlokasi di jalan Panglima Sudirman Nomor 28, Bojonegoro, ini dinilai telah mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar, mengembangkan praktik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi baik akademik maupun nonakademik, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak menjadi rujukan SMA lain.

Sebagai sekolah rujukan, SMA Negeri 1 Bojonegoro telah memenuhi dan melampui standar nasional pendidikan (SNP) plus dua. Delapan SNP tersebut meliputi standar isi, kompetensi lulusan, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan serta pembiayaan.

Seperti yang telah dijelaskan di video profil SMA Negeri 1 Bojonegoro sebagai sekolah rujukan tampak daam delapan standar nasional pendidikan (SNP) plus dua standar berikut ini :

Dalam standar isi, SMA Negeri 1 Bojonegoro telah memiliki dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikembangkan dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dan Kurikulum 2013, serta pedoman penyusunan KTSP. Dokumen KTSP tersebut dikembangkan dengan memperhatikan acuan konseptual, prinsip pengembangan, prosedur operasional, serta praktik-praktik terbaik. KTSP tersebut ditetapkan oleh Kepala Sekolah dan diketahui oleh DInas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Dalam standar kompetensi lulusan, peserta didik SMA Negeri 1 Bojonegoro mencerminkan sikap insane yang beriman, berakhlak mulia, berpengetahuan luas, berkemampuan piker dan tindak yang efektif, kreatif dan inovatif. Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) dan indeks prestasi UN sangat tinggi. Nilai rerata hasil ujian nasional 2 tahun terakhir 80. Sebanyak 95 % lulusan diterima di perguruan tinggi negeri. Peserta didik memiliki kemampuan memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab, memiliki jiwa kolaboratif dan kompetitif, serta mampu memanfaatkan teknologi sebagai media komunikasi dan informasi

Dalam standar proses, SMA Negeri 1 Bojonegoro memiliki perencanaan pembelajaran dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan dari silabus; melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP, melalui tahapan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dengan menerapkan pendekatan saintifik serta melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik menggunakan penilaian autentik dan menggunakan hasilnya untuk merencanakan program perbaikan, pengayaan, dan layanan konseling. Selain itu, SMA Negeri 1 Bojonegoro juga melaksanakan pengawasan pmebelajaran secara periodik oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam hal pembelajaran dan manajerial

Dalam standar penilaian, SMA Negeri 1 Bojonegoro telah melaksanakan penilaian mengacu pada prinsip-prinsip penilaian menggunakan pendekatan acuan patokan, sasaran penilaian mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dilakukan secara berimbang. Penilaian hasil belajar dilaksanakan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah dalam bentuk penilaian autentik, penilaian diri, penilaian proyek, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan akhir tahun, ujian sekolah, dan ujian nasional

Dalam standar pendidik dan tenaga kependidikan, para pendidik di SMA Negeri 1 Bojonegoro secara kualitas telah memenuhi kualifikasi akademik, sertifikasi profesi, dan kesesuaian pendidikan dengan mata pelajaran yang diajarkan. Pendidik secara kuantitas telah memenuhi ketentuan rasio guru dan peserta didik. Mereka mengembangkan kapasitas dan kapabilitas sebagai pendidik dan tenaga kependidikan pembelajar, antara lain menghasilkan karya tulis berupa laporan praktik-praktik terbaik dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan pengelolaan.

Dalam standar sarana dan prasarana, SMA Negeri 1 Bojonegoro telah memiliki sarana dan prasarana meliputi lahan, bangunan gedung, dan kelengkapan sarana prasaran yang lengkap. Lahan SMA Negeri 1 Bojonegoro memenuhi rasio minimum luas lahan terhadap peserta didik yang dapat digunakan secara efektif untuk membangun prasarana sekolah berupa gedug dan tempat bermain/berolahraga.

Dalam standar pengelolaan, SMA Negeri 1 Bojonegoro telah memiliki perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan system informasi manajemen. SMA Negeri 1 Bojonegoro juga mengembangkan perencanaan program mulai dari penetapan visi, misi, tujuan dan rencana kerja.

Dalam standar pembiayaan, SMA Negeri 1 Bojonegoro menerapkan prinsip, pembiayaan didasarkan pada rancangan biaya operasional program kerja tahunan meliputi investasi, operasi, bahan atau peralatan dan biaya personal. Sumber pembiayaan dapat berasal dari pemerintahpusat, pemerintah daerah, dan masyarakat. Penggunaan dana dikelola dan dipertanggungjawabkan secara transparan dan akuntabel.

Sebagai implementator kebijakan pendidikan, SMA Negeri 1 Bojonegoro telah menerapkan kebijakan-kebijakan seperti :
  1. Kurikulum 2013
  2. Penumbuhan budi pekerti
  3. Literasi
  4. Kewirausahaan
  5. Sekolah aman
Kebijakan terkini lainnya terkait SMA Program unggulan sekolah di SMA Negeri 1 Bojonegoro meliputi ;
  1. Olympiade Sains Nasional (OSN)
  2. Sekolah Ramah Lingkungan (Adiwiyata)
  3. Prestasi Akademik dan Nonakademik
  4. Inovasi Sekolah

Berikut beberapa dokumentasi Pameran dan Bazar Buku SMA Negeri 1 Bojonegoro Sebagai Sekolah Rujukan :




Video Profil SMA Rujukan SMA Negeri 1 Bojonegoro
Propellerads
Purnomo Wahyudi
Load comments