Kegiatan belajar pengolahan air limbah (IPAL) di desa Sukorejo kec Bojonegoro


Kamis, [3/11/2016] Siang hari pukul 13.30 wib, selepas kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, SMA Negeri 1 Bojonegoro melakukan kunjungan di desa Sukorejo, kecamatan Bojonegoro dalam rangka ngangsu kaweruh, yakni kegiatan belajar diluar untuk mempelajari tentang pembangunan sistem air limbah terpusat skala lingkungan  (IPAL) yang dibangun di desa Sukorejo kecamatan Bojonegoro.

Kunjungan rombongan SMA Negeri 1 Bojonegoro yang dipimpin oleh Dra. Hj. Sri Setyowati, M.Pd selaku kepala sekolah disambut baik oleh bapak M. Tarmudzi (warga desa Sukorejo) penggagas pembuatan sekaligus pengelola IPAL yang terletak di desa Sukorejo kec. Bojonegoro ini.

Terlihat bapak M. Tarmudzi peraih kalpataru yang hijaukan Bojonegoro di tahun 2015 ini, tengah berbagi ilmu dan memberikan penjelasan yang baik di depan peserta didik (kader lingkungan) dan beberapa bapak/ibu guru.



Apa itu instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) ?

IPAL adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain. Adapun fungsi dari IPAL ini mencakup :
  • Pengolahan air limbah pertanian, untuk membuang kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya dari lingkungan pertanian.
  • Pengolahan air limbah perkotaan, untuk membuang limbah kotoran manusia dan limbah rumah tangga dan lainnya.
  • Pengolahan air limbah industri, untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.

Pembangunan sistem air limbah terpusat skala lingkungan (IPAL) yang dibangun di desa Sukorejo ini difungsikan sebagai air limbah perkotaan, yakni membuang limbah kotoran manusia, limbah rumah tangga, dan lainnya. Pembanguan IPAL sendiri saat ini sudah berjalan satu induk reaktor yang berfungsi dengan 210 kepala keluarga (KK) atau sambungan rumah (SR)




Propellerads

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Liburan Tipis Tipis Wisata The Heritage Palace Solo Jawa Tengah