Menu

Prakarya - Produk Olahan Minuman Sehat "Infused Water"

Prakarya - Produk Olahan Minuman Sehat
Kompetensi  Inti (KI) :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)       :
1.1    Menghargai keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2    Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3    Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan
3.2    Memahami manfaat dan proses pembuatan penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman kesehatan yang ada diwilayah setempat.
4.2 Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman kesehatan sesuai hasil             analisis dan bahan yang ada diwilayah setempat.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
  1. Mengaplikasikan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan
  2. Memahami pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat.
  3. Membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman kesehatan sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat.


Produk Olahan Minuman Sehat : Infused Water
Pembimbing : Purnomo Wahyudi,ST
Kelompok : 2 (12-4)
  1. Averina Laurensia
  2. Cinde Pristi Kurnia M
  3. Elian Mukti P
  4. Jwalita Puspitasari
  5. M. Alfandi
  6. Novia Argata P
  7. Qory Pramita
  8. Rahmat Hidayat M


Infused Water :
Minuman ini tengah menjadi trend kesehatan yang banyak dinikmati orang-orang  di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Infused water sendiri adalah minuman yang dibuat dari air putih biasa yang sudah direndamkan beberapa potongan buah-buahan selama beberapa jam sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan. Tapi disini kami mengganti air putih tersebut dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu. Karena memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak.

Alat dan Bahan :
  1. Jeruk nipis
  2. Lemon
  3. Kiwi
  4. Apel merah
  5. Daun mint
  6. Madu
  7. Air
  8. Es batu
  9. Blender
  10. Gelas
  11. Pisau
  12. Sendok
Manfaat dan Kandungan Jeruk Nipis :

Secara umum, jeruk nipis biasa dimanfaatkan sebagai tambahan untuk membuat sambal yang enak, atau dipakai sebagai bumbu tambahan untuk makan soto.  Jeruk nipis dipercaya sanggup untuk menghilangkan bau amis pada masakan ikan atau ayam. Diluar pemanfaatan jeruk nipis sebagai bumbu masak, sebagian masyarakat juga banyak yang memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobati batuk secara alami. Selain itu, jeruk nipis ( Citrus Aurantium) ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan. Buah ini juga dikenal sebagai zhi shi (dalam pengobatan tradisional Cina), dan dikenal sebagai green orange, sour orange dan bitter orange di belahan dunia lain. Kandungan kimia utama Jeruk nipis adalah Synephrine, yaitu  senyawa aktif yang paling banyak ditemukan dalam buah dari tanaman yang disebut Citrus aurantium ini. Synephrine secara kimiawi sangat mirip dengan efedrin dan pseudo-efedrin ditemukan di banyak obat tumor,  suplemen penurunan berat badan dan berbagai suplemen energi

Kandungan Vitamin :
Jeruk nipis kaya dengan berbagai vitamin, mineral serta zat-zat lain. Rata-rata dalam sebutir jeruk nipis mengandung 30 mg vitamin C. Jumlah tersebut bisa mencukupi hingga 30% kebutuhan harian vitamin C tubuh manusia.

Vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Penting untuk membantu proses pembentukan kulit, otot dan pembuluh darah dalam tubuh. Juga memelihara kekuatan tulang dan gigi. Vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.
Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin B dan folat. Fungsi vitamin A yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata. Disamping itu membantu pembentukan sel-sel baru dan penyembuhkan peradangan. Sedangkan vitamin B mempunyai manfaat untuk membantu kinerja sistem saraf pusat sampai mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Kandungan folat pada jeruk nipis juga bermanfaat bagi ibu hamil dimana kebutuhan akan asupan asam folat diperlukan untuk mencegah risiko kecacatan pada bayi.

Manfaat dan Kandungan Lemon :

Menurut USDA, satu buah jeruk lemon mentah yang belum dikupas (sekitar 58 gram) mengandung 17 kalori, 0.6 gram protein, 0.2 gram lemak dan 5.4 gram karbohidrat (termasuk gula dan serat). Buah jeruk lemon juga mengandung banyak vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Jika Anda mengkonsumsi satu buah jeruk lemon saja dalam sehari, kebutuhan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang bervariasi menjadikan jeruk lemon memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, seperti berikut ini:
  1. Menurunkan Risiko Terkena Stroke dan Serangan Jantung
  2. Mencegah Penyakit Kanker
  3. Menjaga Kesehatan Kulit
  4. Membantu Menstabilkan pH Tubuh
  5. Mencegah Sesak Nafas atau Asma
Manfaat Buah Kiwi :
  1. Anti-hipertensi
  2. Menangkal radikal bebas
  3. Kesehatan mata
  4. Masalah pencernaan
  5. Bermanfaat bagi wanita hamil
  6. Kesehatan jantung
Manfaat Buah Apel Merah :
  1. Mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. 
  2. Kulit Sehat dan Terawat. 
  3. Menurunkan kadar kolesterol. 
  4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. 
  5. Mengurangi resiko penyakit diabetes.
Manfaat Daun Mint :
  1. Mengatasi Gangguan Pernapasan
  2. Mengatasi Bau Mulut
  3. Membantu dalam Meningkatkan Nafsu Makan
  4. Membantu dalam Mengendalikan Stres
  5. Membantu Mengobati Batuk dan Gatal pada Tenggorokan
Proses Pembuatan Infused Water :
  1. Cuci buah-buahan dan daun mint yang telah disiapkan.
  2. Peras jeruk nipis, tambahkan air dan madu, lalu blender hingga didapatkan jus jeruk nipis.
  3. Tuangkan jus jeruk nipis pada gelas yang telah disiapkan.
  4. Potong buah-buahan sisa (lemon, kiwi, apel merah).
  5. Masukkan buah-buahan yang telah dipotong dan daun mint ke dalam gelas yang berisi jus jeruk nipis.
  6. Tambahkan juga es batu untuk menambah kesegaran minuman. Rasakan segarnya “Infused Water”.

Presentasi Kelompok

Presentasi Kelompok

Presentasi Kelompok

Penilaian Produk Olahan