-->
Purnomo Wahyudi

Penutupan dan Serah Terima Program Pengembangan Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Bojonegoro

Penutupan dan Serah Terima Program Pengembangan Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Bojonegoro

Selasa, [7/2/2017] Pagi pukul 10.00 wib bertempat di ruang TRRC lantai 2 SMA Negeri 1 Bojonegoro telah dilaksanakan "Penutupan dan Serah Terima Program Pengembangan Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Bojonegoro". Kegiatan penutupan dan serah terima program pengembangan sekolah adiwiyata ini hasil kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro yang difasilitasi oleh Yayasan Tropis Indonesia dan didukung oleh pihak SKK Migas, Exxon Mobil, Pertamina EP Cepu, Badan Kerjasama PT Blok Cepu, dan LSM Mitra EMCL. Kegiatan penutupan dan serah terima program pengembangan sekolah adiwiyata ini dihadiri oleh perwakilan dari 10 sekolah adiwiyata di kabupaten Bojonegoro yang sebelumnya telah menerima bantuan program pengembangan adiwiyata untuk sekolah.      



Salah satu penerima bantuan program pengembangan sekolah adiwiyata ini adalah SMA Negeri 1 Bojonegoro. Adapun bantuan program pengembangan sekolah adiwiyata yang telah diterima dan sudah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bojonegoro yakni pembuatan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL). Pembuatan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) ini digunakan untuk menampung dan pengelolaan air limbah di masjid (pemanfaatan limbah air wudhu) dan hasil akhirnya digunakan untuk kolam ikan di gasibo sekolah. 

Program pengembangan sekolah adwiyata hasil kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro yang difasilitasi oleh Yayasan Tropis Indonesia dan didukung oleh pihak SKK Migas, Exxon Mobil, Pertamina EP Cepu, Badan Kerjasama PT Blok Cepu, dan LSM Mitra EMCL  ini harapannya bisa memberikan kontribusi dan nilai tambah untuk sekolah adiwiyata di kabupaten Bojonegoro. Selanjutnya secara mandiri bantuan program sekolah adiwiyata ini dapat diteruskan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya di sekolah.



Sistem kerja dari instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) ini yakni air limbah wudhu di masjid ini akan melalui 4 tahapan pengelolaan sebelum dialirkan langsung ke kolam ikan di bawah gasibo sekolah diantaranya :
  1. Tahap pertama proses pengendapan di tempat penampungan pertama (chamber 1). Proses pengendapan air ini menggunakan bahan batu koral dan lorrster
  2. Tahap kedua proses penyaringan kotoran yang ditempatkan di tempat penampungan kedua (chamber 2). Proses penyaringan kotoran ini menggunakan bahan ijok
  3. Tahap ketiga proses penjernihan air. yang ditempatkan di tempat penampungan ketiga (chamber 3) yang selanjutnya hasil akhirnya akan ditampung di tandon air yang siap untuk disalurkan di kolam ikan. Proses penjernihan air ini menggunakan bahan arang kayu.
  4. Tahap keempat penyaluran air ke dalam kolam ikan di bawah gasibo sekolah.
Purnomo Wahyudi
Load comments