Perum Perhutani Bojonegoro Memberi Edukasi Siswa/Siswi SMA Negeri 1 Bojonegoro Terkait Hutan


Sabtu, [18/3/2017] Siang hari ini pukul 11.00 wib bertempat di ruang TRRC lantai 2 SMA Negeri 1 Bojonegoro kedatangan tamu dari salah satu Badan Usaha Milik Negera (BUMN), yakni Perum Perhutani Bojonegoro. Kedatangan Perum Perhutani Bojonegoro ini dalam rangka "Rimbawan Sambang Sekolah" (Pengabdian untuk memberikan edukasi kepada siswa/siswi SMA Negeri 1 Bojonegoro tentang wawasan kehutanan). Hadir dalam kegiatan "Rimbawan Sambang Sekolah" ini beliau adalah bapak Daniel Budi Cahyono (Administratur Kepala Kesatuan Pemangku Hutan (Adm./ KKPH) Bojonegoro - Perhutani Divisi Regional Jawa Timur) beserta staff-nya.

Banyak materi yang beliau sampaikan tentang kehutanan, salah satunya tentang peranan hutan alam dilihat dari aspek ekologi, ekonomi dan sosial sebagai sistem penyangga kehidupan. "Hutan yang merupakan suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungan, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan ini memiliki peran salah satunya sebagai penghalang untuk sampainya air hujan di bumi melalui proses intersepsi. Proses intersepsi yang dapat menghambat atau menunda bagian air hujan mencapai limpasan permukaan memberikan kesempatan bagi air untuk melakukan infiltrasi dan evaporasi. Proses infiltrasi dan evaoprasi ini akan membuat rembesan dan bisa menghasilkan sumber mata air yang dapat bermanfaat bagi kehidupan [Aspek Ekologi]". Ujarnya.


Kegiatan "Rimbawan Sambang Sekolah" yang berlangsung selama lebih kurang 1 jam ini sangat interaktif, Banyak pengetahuan yang didapat dan tentunya penambahan wawasan terkait hutan ini bisa memberikan motivasi kepada siswa/siswi SMA Negeri 1 Bojonegoro untuk menjadi generasi yang peduli dan peka terhadap lingkungan.  

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Masa Putih Abu-Abu