SMASA Goes To Campus - Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 1 Bojonegoro di Student Center Universitas Negeri Yogyakarta



(Penulis : H. Abdul Jalil, M.Pd - Pembina Kelompok Ilmiah Remaja dan Guru Pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Bojonegoro)

Salah satu program Kelompok Ilmiah Remaja  (KIR) SMA Negeri 1 Bojonegoro adalah OBSERVASI KIR. Tujuan dari program ini adalah menggali dan memanfaatkan beragam informasi dari Unit Kegiatan Mahasiswa  (UKM) yang berziarah di bidang  Penulisan  dan Penelitian Ilmiah. Untuk tahun 2017 ini OBSERVASI KIR SMASABO jatuh pilihan di UKM Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Menurut Pembina UKM Penelitian UNY,  Aini Mohabbati, MA., "UKM Penelitian UNY ini, sudah berkiprah dalam ajang lomba penelitian di tingkat PT baik di dalam maupun  di luar negeri". 
"Sekarang ini ada satu Tim Peneliti dari UKM Penelitian UNY yang berada di Perguruan Tinggi Teknik Malaysia, guna mengikuti final LKTI dan mempresentasikan hasil penelitiannya", ujar Handy selaku ketua UKM Penelitian UNY. 

Dalam sebuah diskusi, anak-anak SMASABO yang tergabung dalam kelompok ilmiah remaja (KIR) menanyakan seputar bagaimana kiat melakukan penelitian sembari mengikuti jadwal perkuliahan yang begitu padat. Selain itu, ada juga yg bertanya tentang bagaimana kiat menulis atau melakukan penelitian hingga dapat menembus LKTI antar negara.

Menurut Handy, "kelebihan dari UKM Penelitian UNY ini, bahwa setiap mahasiswa yang ingin menjadi atau masuk dalam UKM Penelitian ini, harus melalui seleksi ketat selama 4 bulan. Termasuk di dalamnya bagaimana kebiasaan setiap calon anggota dalam menulis. "

"Selain itu, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UKM Penelitian UNY melaksanakan pendampingan dan pembinaan terhadap siswa-siswi KIR MAN 4 Bantul Yogyakarta. Hasilnya, tidak sedikit prestasi yang diraih oleh para siswa yang tergabung dalam KIR di sekolah tersebut, yang meraih juara LKTI/LKIR baik di tingkat Provinsi maupun Nasional ", imbuh Handy.  

Sebagai penutup sesi diskusi Abdul Jalil, M.Pd. selaku ketua rombongan dan sekaligus pembina KIR SMA Negeri 1 Bojonegoro menyampaikan, "KIR SMASABO sudah berjalan dan berkiprah dalam beragam event/lomba LKIR/LKTI  kurang lebih tiga belas tahun. Tentunya sudah sekian kali pula meraih prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Bahkan ada salah satu karya tulis ilmiah terbaik dari siswa KIR SMASABO versi LIPI di Jakarta yang diabadikan di ruang pameran publik di Taman Mini Indonesia Indah  (TMII) di Jakarta, yang berjudul Pemanfaatan Limbah Air Kelapa untuk Pengawetan Hasil Produksi Tempe karya Akbar Fahmi (Alumni SMASABO 2009)".

Berikut Foto Dokumentasi Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 1 Bojonegoro di Student Center Universitas Negeri Yogyakarta :




Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Masa Putih Abu-Abu