Manfaat Bank Sampah di SMA Negeri1 Bojonegoro


Siswa SMA Negeri 1 Bojonegoro mempunyai cara sendiri untuk menjaga lingkungan sekolahnya agar tetap bersih dari sampah yakni setiap hari para siswa mengambil sampah-sampah yang berserakan di sekitar sekolah, selanjutnya sampah akan dipilah menjadi dua kelompok sampah yaitu sampah organik dan sampah non-organik. Sampah organik diolah menjadi kompos, Hasilnya bisa dimanfaatkan untuk memberikan pupuk pada tanaman - tanaman di lingkungan sekolah. sementara sampah non-organik dipilah lebih lanjut ke tiga sub kelompok yakni plastik, kertas dan botol yang kemudian dibawa ke bank sampah. untuk ditimbang dan dikalkukasi.

Bak Pemilah Sampah

Penjualan sampah (Bank Sampah)

Penjualan Sampah (Bank Sampah)

Pengangkutan Sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup

Pembuatan Pupuk Kompos
Pupuk Kompos
Sampah yang sudah dipilah dan terkumpul banyak di bank sampah sekolah ini nantnya akan dijual. Untuk penjualan sampah ini, sekolah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro dan pembeli sampah. Hasil penjualan sampah tersebut nantinya dikembalikan / dibagi kepada masing-masing kelas (masuk kas kelas) sesuai hasil timbangan dan kalkulasi pengumpulan dan penyerahan sampah di bank sampah.    

Jadi fungsi bank sampah di sekolah disini dapat dikategrikan sebagai berikut :
  1. Sarana belajar untuk siswa agar lebih terampil dalam mengolah sampah
  2. Membangun motivasi siswa untuk menjaga lingkungan sekolahnya (menghindari pencemaran lingkungan dan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan)
  3. Menjadikan sampah menjadi sesuatu yang memiliki nilai manfaat dan bernilai ekonomis.

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Masa Putih Abu-Abu