-->
Purnomo Wahyudi

Apel Pembukaan Kegiatan Pondok Ramadhan 1438 H di SMA Negeri 1 Bojonegoro

Apel Pembukaan Kegiatan Pondok Ramadhan 1438 H di SMA Negeri 1 Bojonegoro

Senin, [12/6/2017] Pagi hari ini pukul 07.00 wib di SMA Negeri 1 Bojonegoro diadakan kegiatan pondok ramadhan. Kegiatan pondok ramadhan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat ini akan dilaksanakan selama 5 hari, yakni dimulai tanggal 12 s.d 16 juni 2017. Dimulai dari kelas 10 (tanggal 12,13,15 juni 2017) dan kelas 11 (tanggal 14,15,16 juni 2017). Kegiatan pondok ramadhan yang diawali dengan apel pembukaan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 10 dan panitia (dewan guru) pondok ramadhan. Selaku pembina apel sekaligus pembuka kegiatan pondok ramadhan pada pagi hari ini beliau ibu Dra. Hj. Sri Setyowati, M.Pd (Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro).

Dra Hj. Sri Setyowati, M.Pd (Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro)

Adapun amanat pembina dalam kegiatan apel pada pagi hari ini, ada beberapa informasi dan pesan penting yang beliau sampaikan, diantaranya :
  1. Kegiatan pondok ramadhan ini tidak hanya sekedar mengisi waktu luang setelah berakhirnya kegiatan penilaian akhir tahun dan sebelum penerimaan rapot atau kenaikan kelas.
  2. Maraknya radikalisme dan pengaruh media sosial yang memiliki dampak negatif ini sangat memprihatinkan pemerintah. Oleh sebab itu pemerintah mengeluarkan PP tentang pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang menitik beratkan lima nilai utama, diantaranya :

    a. Karakter Religius

    Hubungan interpersonal antara manusia dengan Tuhan nya, Bentuk penerapannya : bagaimana kita sebagai manusia sebagai makhluk harus menjalankan perintahNya, bagaimana kita sebagai manusia sebagai makhluk harus menjauhi laranganNya, dan melaksanakan aturan - aturan yang sudah ditentukan oleh agama.

    b. Karakter Nasionalis

    Rasa kesetiaan yang mendalam terhadap bangsa dan negara Indonesia dengan mentaati segala aturan undang-undang dan dasar negara, 

    .c. Karakter Mandiri

    Mau belajar sungguh - sungguh, bekerja keras, dan berani mengambil keputusan tanpa menggantungkan pada orang lain.

    d. Karakter Gotong Royong

    Bekerja sama dengan penuh rasa kekeluargaan. Kerjasama dalam hal baik dan positif.

    e. Karakter Integritas

    Rasa untuk senantiasa menjaga satu kesatuan sebagai warga negara Indonesia untuk menjaga martabat negara, peningkatan rasa satu kesatuan atas dasar karena kita menempati wilayah negara yang sama, bahasa yang sama, tujuan yang sama, dan cita - cita yang sama.
Berikut Beberapa Dokumentasi Hari Pertama Kegiatan Pondok Ramadhan 1438 H di SMA Negeri 1 Bojonegoro :

Sambutan Ketua Panitia Pondok Ramadhan
Sambutan Dewan Guru Pembina Kegiatan Pondok Ramadhan

Doa Apel Pembukaan Pondok Ramadhan

Pemberian Materi Oleh Drs. H. Husin Ahmadi

Purnomo Wahyudi
Load comments