Sosialisasi Kamseltibcar Lantas - "Police Goes To School"


Selasa, [25/07/2017] pagi hari ini pukul 08.00 wib SMAN 1 Bojonegoro kedatangan tamu dari Satuan Lalu-Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Bojonegoro. Kedatangan Satlantas Polres Bojonegoro di SMAN 1 Bojonegoro ini dalam rangka " Sosialisasi Kamseltibcar Lantas - Police Goes To School". Hadir dalam kegiatan program Sosialisasi Kamseltibcar Lantas - Police Goes To School ini, beliau adalah IPDA Sudirman, SH (Kanit Dikyasa Satlantas Polres Bojonegoro), AIPDA Bambang H W (Anggota), dan BRIPDA Yana Tri W (Anggota), serta seluruh siswa/siswi kelas 10 SMAN 1 Bojonegoro.

Kegiatan yang bertajuk "Sosialisasi Kamseltibcar Lantas - Police Goes To School"  dari Satuan Lalu-Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Bojonegoro ini untuk mengajak seluruh warga sekolah (SMAN 1 Bojonegoro) untuk menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. Dalam pertemuan yang singkat namun penuh arti ini, seluruh siswa/siswi kelas 10 sangat antusias mendengarkan paparan narasumber dari Satlantas Polres Bojonegoro yang hadir pada pagi hari ini, terutama oleh beliau AIPDA Bambang H W salah seorang narasumber yang banyak mendapatkan perhatian dari siswa dengan gaya dan cara penyampainnya yang penuh humoris hingga satu ruangan aula dibuat ketawa oleh beliau.



Adapun materi yang disampaikan dalam program " Sosialisasi Kamseltibcar Lantas - Police Goes To School" ini untuk mengajak siswa/siswi menjaga etika sopan santun dalam berlalu lintas, mematuhi aturan lalu lintas dengan selalu taat akan aturan untuk keselamatan di jalan. Selain itu juga dijelaskan sekaligus diperagakan tentang 12 gerakan pengaturan lalu lintas oleh beliau AIPDA Bambang H W yang dibantu oleh BRIPDA Yana Tri W.   


Penyampaian materi dua belas gerakan pengaturan lalu lintas ini bertujuan supaya dapat dipahami, dan dimengerti oleh warga sekolah  selaku pengguna jalan  serta dapat dipraktekan dilapangan oleh petugas keamanan sekolah (satpam) dalam pengaturan lalu lintas di depan sekolah. Hal ini terkandung maksud agar terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas (kamseltibcar lantas).

Berikut 12 gerakan pengaturan lalu lintas yang disampaikan diantaranya :
  1. Menghentikan arus dari segala arah 
  2. Menghentikan arus dari arah depan petugas 
  3. Menghentikan arus dari arah belakang petugas
  4. Menghentikan gerakan kendaraan dari arah depan dan belakang petugas 
  5. Menghentikan arah tertentu 
  6. Menjalankan arus dari arah kanan petugas 
  7. Menjalankan arus dari arah kiri petugas 
  8. Menjalankan arus dari arah kanan dan kiri petugas bersamaan
  9. Mempercepat kendaraan dari arah kiri petugas 
  10. Mempercepat kendaraan dari arah kiri petugas 
  11. Memperlambat kendaraan dari arah kiri petugas 
  12. Memperlambat kendaraan dari arah kanan petugas




Dan di akhir kegiatan Sosialisasi Kamseltibcar Lantas - Police Goes To School ini, Satlantas Polres Bojonegoro bagi-bagi hadiah untuk siswa/siswi yang dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh narasumber .    




Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Liburan Tipis Tipis Wisata The Heritage Palace Solo Jawa Tengah