Suasana Khidmat Upacara Bendera di Awal Tahun Pelajaran Baru 2017/2018


Senin, [24/07/2017] Pagi hari ini pukul 06.45 wib bertempat di halaman SMA Negeri 1 Bojonegoro telah dilaksanakan kegiatan upacara bendera. Kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan secara rutin tiap hari senin ini diikuti oleh seluruh warga sekolah berjalan dengan baik dan khidmat. Seluruh peserta upacara mengikuti upacara dengan tertib, barisan tersusun rapi dan petugas upacara melakukan tugasnya masing-masing dengan sangat baik. 

Bertindak selaku pembina upacara bendera pada pagi hari ini beliau adalah ibu Dra. Hj. Sri Setyowati, M.Pd (Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro) :


Adapun amanat pembina upacara bendera pagi hari ini yang beliau sampaikan di depan seluruh peserta upacara, diantaranya :

Pada awal tahun ajaran baru 2017/2018 ada perubahan yang sangat signifikan yang harus dilakukan sekolah :
  1. Menindaklanjuti Permendikbud No 23 tahun 2017 perihal 5 hari sekolah, SMAN 1 Bojonegoro sebagai sekolah SMA Rujukan menjadi pelopor tentang 5 hari sekolah.
  2. Salah satu tujuan 5 hari sekolah ini untuk meningkatkan pendidikan karakter, siswa/siswi diharapkan bisa lebih banyak berada di dekat orang tua untuk melakukan hal-hal yang baik bersama sama keluarga. Oleh sebab itu dengan diberlakukannnya 5 hari sekolah dengan siswa/siswi lebih banyak berada di dekat orang tua, maka tidak ada lagi kegiatan yang dilaksanakan selepas kegiatan belajar mengajar usai di sekolah. Jika ada kegiatan yang mendesak dan perlu dilakukan diluar hari senin s.d. jum'at, kegiatan dapat dilaksanakan di hari sabtu mulai pukul 06.00 s.d. 14.00 wib. Adapun kegiatanya beliau memberikan contoh tentang kegiatan ekstrakurikuler paskibraka, osn, teater, dll. Hari minggu sekolah tutup dan tidak ada kegiatan di dalam sekolah.
  3. Tujuan yang lain dengan 5 hari sekolah : siswa/siswi diharapkan dapat lebih disiplin, bertanggung jawab pada diri sendiri maupun lingkungannya, dan awal agustus nanti sekolah akan memberlakukan absensi sistem finger print. yang sebelumnya masih menggunakan sistem manual.
  4. Terkait sistem pendingin ruangan di dalam kelas untuk kenyaman belajar mengajar di kelas, mulai tahun ajaran baru ini sistem pendingin ruangan akan ada pengaturan  secara sentral, mulai pagi ssampai dengan istirahat pertama menggunakan kipas angin setelah istirahat pertama sampai dengan pulang sekolah baru dapat menggunakan AC.
  5. Terkait pelayanan kantin sekolah, sekolah akan meningkatkan fasilitas kantin sekolah dengan sarana kursi dan meja akan ditambah, menu makanan dan minuman lebih banyak dan bervariasi tentunya juga memperhatikan kesehatan makanan dan minuman. serta harga lebih terjangkau.
      
  6. Terkait seleksi penerimaan peserta didik baru adanya jalur bidik misi dan mitra warga, beliau menjelaskan bahwasannya dengan sistem jalur bidik misi dan mitra warga sekolah bukan berarti akan memberi biaya pendidikan, Akan tetapi jalur bidik misi dan mitra warga   ini hanya  seleksi penerimaan peserta didik baru SMA Negeri di jalur offline, nantinya datangnya bantuan bagi siswa/siswi yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) oleh sekolah akan diajukan ke pemerintah, dan bagi siswa/siswi yang tidak memiliki kartu KIP namun benar benar tidak mampu bisa mengajukan keringanan biaya dengan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan/desa.
  7. Demi peningkatan prestasi sekolah, sekolah akam memberi penghargaan (reward) bagi siswa/siswi kelas 12 yang bisa meraih nilai UNBK/NUN tertinggi di propinsi jawa timur baik bidang IPA maupun IPS. Adapun bentuk penghargaan (reward) yang akan diberikan, beliau menyampaikan bentuknya berupa bantuan uang untuk pendidikan. Besar nominal yang akan diberikan oleh sekolah sebagai berikut :
    - Peraih nilai NUN terbaik tingkat 1 propinsi Jawa Timur sebesar 5 juta rupiah
    - Peraih nilai NUN terbaik tingkat 2 propinsi Jawa Timur sebesar 4 juta rupiah
    - Peraih nilai NUN terbaik tingkat 3 propinsi Jawa Timur sebesar 3 juta rupiah
Usai pelaksanaan upacara bendera dilanjutkan dengan pengumuman hasil kejuaraan yang diraih siswa/siswi SMAN 1 Bojonegoro. Adapun hasil kejuaraan yang telah diraih siswa/siswi SMAN 1 Bojonegoro ini diantaranya :
  1. Juara 1 lomba Kreasi Busana Tingkat SMA/SMK Pentas PAI 2017
  2. Juara 2 lomba Debat PAI Tingkat SMA/SMK Pentas PAI 2017
  3. Juara 1 lomba Seni Nasyid Tingkat SMA/SMK Pentas PAI 2017
  4. Juara Harapan 1 LKBB Proklamator 2017 Tingkat se-Jawa Timur dan Jawa Tengah
  5. Best kostum LKBB Proklamator 2017 Tingkat se-Jawa Timur dan Jawa Tengah
  6. Finalis Putri Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017
  7. Juara 2 lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan antar SLTA se-Kabupaten Bojonegoro
  8. Juara Harapan 3 Olympiade Sains Tingkat Provinsi bidang "earth science"   

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan upacara bendera senin, 24/07/2017 di SMA Negeri 1 Bojonegoro :








Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Liburan Tipis Tipis Wisata The Heritage Palace Solo Jawa Tengah