-->
Purnomo Wahyudi

Permendikbud No 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru

Permendikbud No 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru


Produk Hukum :

Hari pertama masuk sekolah adalah peristiwa penting bagi para siswa baru, bahkan pengalaman itu terkadang masih tersimpan dengan baik dalam ingatan. Di hari itu, para siswa baru akan memulai langkahnya menyongsong masa depan melalui pendidikan formal yang akan dia tempuh selama bertahun-tahun ke depan. Para siswa akan mengingat suasana saat orang tua mereka mendampinginya masuk ke sekolah yang kemudian disambut hangat oleh kepala sekolah, guru-guru, dan warga sekolah lainnya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan menyampaikan, setiap siswa akan memiliki reaksi psikologis yang berbeda-beda ketika masuk se- kolah di hari pertama. Ada siswa yang sudah merasa nyaman, tetapi ada pula siswa yang masih merasa khawatir dan kurang percaya diri, dan perasaan-perasaan lainnya.“Kehadiran orang tua menemani si anak mengirimkan pesan yang jelas bagi anaknya, bahwa orang tua mempercayakan pada sekolah itu untuk mendidik anak-anaknya setiap  hari  beberapa  jam  selama  bertahun-tahun ke depan,” katanya saat diwawancarai di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (3/7).

Mendikbud mengungkapkan, hari pertama siswa baru masuk sekolah merupakan kesempatan bagi orang tua untuk melihat dan mengenali lebih dekat rumah kedua anaknya dalam menuntut ilmu selama beberapa tahun ke depan. Penting bagi orang tua untuk menemani masa transisi ini karena orang tua harus mengenali siapa saja yang diberi kepercayaan dalam membantu mem- persiapkan masa depan si anak. “Bagi sekolah, hal ini adalah kesempatan untuk mengetahui lebih jelas dan lebih dekat tentang latar belakang orang tua siswa,” ujarnya.

Sumber : http://kemdikbud.go.id
Purnomo Wahyudi
Load comments