Tulisanmu Auratmu


Saya termasuk orang yang mengagumi para penulis novel hebat. Yaitu mereka yang sanggup mencerahkan banyak orang melalui karya novel-novelnya. Dalam karyanya mereka bukan hanya pandai mengarang fiksi, melainkan juga lihai dalam memberi nasihat. 

Sebuah nasihat singkat yang baik dari seorang penulis "Seorang penulis tidak bisa menyembunyikan teknik dan ilmunya, karena semua terlihat jelas dari karyanya."

Inilah salah satu nasihat terbaik bagi siapa saja yang ingin menjadi penulis, bahwa dengan hanya melihat tulisan seseorang, dapat diketahui keluasan pengetahuan orang tersebut. Karena itu, seorang penulis harus terus menjadi pembelajar.

Bahkan kalau kita mau merenungkan lagi, karakter seseorang pun dapat diketahui dari apa yang sering ditulisnya. Mereka yang memiliki sifat pesimis, biasanya suka mengeluh dalam postingannya.

Mereka yang egois, tidak akan jauh dari marah-marah dan memaki dalam statusnya. You are what you write! Dirimu yang sebenarnya akan tampak dari tulisanmu!

Oleh sebab itulah jangan terlalu mudah menulis sesuatu di media sosial, yang hanya akan membuka jati diri kita sendiri. Bagaimanapun orang lain pasti menyadarinya.

Anggap saja tulisan kita seperti aurat yang harus kita jaga baik-baik. Mereka yang terbiasa menulis tentang keluhan, kecemasan, kemarahan, aib keluarganya, bahkan keburukan orang lain, maka mereka laksana membuka-buka aurat dirinya sendiri. 

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Liburan Tipis Tipis Wisata The Heritage Palace Solo Jawa Tengah