Mari Mengenal Planet

Sistem tata surya kita dihuni oleh banyak planet, mulai dari yang terdekat hingga yang terjauh dengan Planet Bumi. Bentuk dan karakter mereka juga beraneka ragam.

Planet Jupiter adalah planet terbesar. Jika dibayangkan sebagai bola, maka 1300 bumi bisa dimasukkan ke dalam bola Jupiter. Besar sekali bukan? Seandainya sejak awal umat manusia tinggal di Jupiter, mungkin kita tak pernah mencemaskan terjadinya kepadatan penduduk.

Berikutnya mari kita membahas Planet Markurius. Inilah dia planet terkuat. Pada siang hari planet ini suhunya 4000 Celcius, sedangkan pada malam hari -1700 Celcius.

Bayangkan gelas di rumah kita akan pecah saat diberikan air panas kemudian secara tiba-tiba langsung diberi air dingin. Begitu pula Markurius, jika ia bukan planet terkuat mungkin sudah pecah berkeping-keping dengan perubahan suhu ekstrim itu.

Selanjutnya predikat planet tercantik, jatuh kepada Planet Saturnus. Satu-satunya planet yang memiliki cincin begitu menawan. Saturnus sendiri pada malam hari berwarna kuning keemasan yang elok dipandang.

Meski demikian, Allah menjatuhkan pilihan kepada Planet Bumi sebagai tempat singgah Nabi Adam dan keturunannya. Karena Bumi yang paling bersahabat dengan manusia. Kandungan air dan udaranya paling cocok untuk kehidupan kita.

Demikianlah, mungkin dalam hidup ini engkau bukan orang besar, bukan orang terkuat, dan bukan pula yang tercantik. Tidak apa-apa. Yang paling engkau menjadi orang yang paling bersahabat.

Engkau harus memiliki kandungan akhlak dan perilaku yang mulia, niscaya Allah akan menjatuhkan pilihan kepadamu, dan manusia akan cocok denganmu.

Ingatlah bahwa hidup ini bukan tentang siapa yang terbesar, terkuat, dan tercantik, melainkan tentang siapa yang memiliki akhlak paling terpuji.

أَكْثَرُ مَا يُدْخِلُ اَلْجَنَّةَ تَقْوى اَللَّهِ وَحُسْنُ اَلْخُلُقِ

“Penyebab paling banyak yang memasukkan manusia ke surga adalah takwa kepada Allah dan akhlak yang mulia.”

(Hadist Riwayat Tirmidzi)

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Liburan Tipis Tipis Wisata The Heritage Palace Solo Jawa Tengah