-->
Purnomo Wahyudi

Rintisan SMA Jaringan

Rintisan SMA Jaringan

SMA Jaringan adalah sebuah jejaring sekolah yang memanfaatkan teknologi video conferrence menggunakan aplikasi berbasis web yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang mana tujuannya untuk :
  1. Pemerataan peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Jawa Timur melalui pemanfaatan teknologi informasi (digital learning) di era revolusi industi 4.0
  2. Wadah dialog antar sekolah negeri, swasta dan bidang PSMA serta para stake holder untuk mendorong peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Povinsi Jawa Timur di era revolusi industri 4.0
  3. Mengajak semua pihak untuk bekolaborasi dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia melalui inovasi di dunia pendidikan.
Program SMA Jaringan yang digagas oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur ini masih tahap rintisan, sasarannya adalah SMA Negeri dan Swasta di Jawa Timur baru berjumlah 114 sekolah. Program SMA Jaringan di launching  oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Dr. Saiful Rachman, MM, .Pd) pada tanggal 9 Agustus 2018 bertempat Sabha Nugraha Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. 

[Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Saiful Rachman, MM, .Pd] 

"kegiatan SMA Jaringan ini nantinya harapanya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jawa Timur, wadah dialog antar sekolah negeri, swasta dan bidang PSMA serta para stake holder untuk mendorong peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Povinsi Jawa Timur, Memudahkan dalam monitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA Negeri dan Swasta di provinsi Jawa Timur, dan dapat memudahkan dalam monitoring pembelajaran di sekolah-sekolah guna peningkatan Mutu Lulusan SMA di Provinsi Jawa Timur dan dapat masuk perguruan tinggi terbaik." 

[Sambuatan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dra. Ety Prawesti, M.Si] 

"Perkembangan teknologi yang kian canggih sebagai dampak arus globalisasi dunia yang kini memasuki era revolusi industri 4.0, yaitu sebuah era baru yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelegency, big data, robotic dan sebagainnya. Era revolusi industri 4.0 ini harapanya mampu mengubah konsep pekerjaan, struktur pekerjaan dan kompetensi yang dibutuhkan dunia pekerjaan., hal ini jualah menyisir dunia pendidikan. Dunia pendidikan akan menjadi peta terdampak dari fenomena revolusi industri 4.0 yang sedang berlangsung. Era revolusi industri 4.0 mengubah cara pandang tentang pendidikan. Perubahan yang dilakukan tidak hanya sekedar mengajar, tetapi jauh yang lebih esensial, yakni perubahan cara pandang terhadap konsep pendidikan itu sendiri." 

Berikut beberapa kegiatan video conferrence 'berbagi dan belajar bersama' yang sudah dilaksanakan Rintisan SMA Jaringan :

SMA Jaringan 'Pola Berfikir Fisika Siap UN dan SBMPTN'

SMA Jaringan 'SML Rahasia Biologi Siap UN dan SBMPTN'

SMA Jaringan 'SML Explore Your Competence English'

SMA Jaringan 'Aji Ajar Bahasa Indonesia Siap UN dan USBN'
Purnomo Wahyudi
Load comments