Jendela Pengetahuanmu Sekaligus Jendela Surgamu Ada di Buku


Pada bulan Juli 2018 lalu, pendiri Microsoft yang merupakan orang terkaya di dunia harus rela digeser oleh pendiri Amazon, Jeff Bezos yang kini melompat ke posisi pertama. Total kekayaan Bezos sekarang berkisar dua ribu dua ratus lima puluh triliun rupiah. Benar-benar Zos! 

Tetapi kita jangan hanya melihat pencapaian yang ia raih, melainkan lihatlah bagaimana perjuangan yang ia lakukan di masa mudanya. Ternyata Bezos adalah seorang pembelajar yang selalu lapar akan ilmu. 

Ia gemar sekali membaca. Bahkan, ia mengakui ada sebuah buku yang sangat memengaruhi hidupnya, berjudul The Remains of The Day yang terbit tahun 1989. Bezos berpesan tentang buku ini, 

“Jika Anda membaca The Remains of the Day yang menjadi salah satu buku favorit saya, Anda akan tersadar jika selama ini hanya memanfaatkan sedikit waktu dalam hidup untuk berpikir tentang langkah alternatif dalam hidup. Dari sini saya belajar tentang kehidupan dan juga penyesalan.”

Selain Bezos, jajaran miliuner yang hidupnya berubah karena buku yang ia baca adalah Warren Buffet, orang ketiga terkaya di dunia. Suatu hari ia ditanya tentang investasi terbaik apa yang pernah ia lakukan dalam hidup. 

Warren Buffet menjawab, “Buku Public Speaking yang ditulis oleh Dale Carnegie!”

Jika demikian hal yang terjadi pada orang-orang sukses, maka apa yang dialami oleh para ulama tidak jauh berbeda. Orang-orang alim sejak zaman dahulu tak pernah terpisahkan dengan buku. 

Prinsip para ulama, buku adalah segalanya. Al-Imam Ibnu Jauzi berkata dalam salah satu tulisannya, 

ما اشبع من مطالعة الكتب و إذا رأيت كتابا لم أره فكانّي وقعت على كنز

"Aku tidak pernah kenyang membaca buku. Apabila aku menemukan sebuah buku baru yang belum pernah aku baca sebelumnya, maka bagiku laksana menemukan harta kartun!"

Maka marilah kita belajar untuk mencintai buku, sebagaimana orang-orang sebelum kita meraih suksesnya karena buku, dan orang-orang soleh sebelum kita meraih surganya karena buku pula. 

Jangan anggap ringan sebuah buku, karena boleh jadi buku itu yang mengubah hidup kita, serta mengantarkan kita menuju kesuksesan dan surga-Nya. 

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Masa Putih Abu-Abu