Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah


Hai sobat yudi's blog....,

Masih dengan coretan yudi's hobi baru semangat berkebun pemanfaatan lahan sempit di rumah.

Kegiatan berkebun pemanfaatan lahan sempit di sekitar rumah saat ini tanaman sudah pada tahapan tumbuh berkembang dan beberapa ada yang sudah berbuah dan siap panen. Ada tanaman semangka. tomat, dan cabai.



Tanaman semangka tumbuh dengan baik dan sudah mulai berbuah, meskipun dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrim beberapa minggu ini suhu mencapai -/+ 38° C di kabupaten Bojonegoro, dan tanaman semangka sudah berusia tanam -/+ 60 hari.
Tanaman semangka merupakan tanaman buah yang relatif cepat berproduksi, umumnya tidak kurang dari 60 hari sudah berbuah, dan memiliki siklus hidup sangat pendek, sehingga membutuhkan ketepatan dan kecepatan penyediaan nutrisi yang dibutuhkan untuk tanaman semangka.

Penyiraman yang normalnya harus dilakukan secara rutin dua kali sehari yakni pada pagi hari dan sore hari, dengan cuaca yang cukup panas beberapa hari yang lalu, hingga harus diberikan penyiraman tiga kali sehari yakni pada pagi hari, siang hari dan sore hari. Sebab tanaman semangka termasuk tipe tanaman yang membutuhkan gizi yang tinggi serta mineral yang cukup. Tanah lahan tersebut haruslah tetap pada kondisi yang lembab.




Begitupun juga dengan tanaman tomat dan cabai. Siklus hidup tanaman tomat cukup singkat, hanya akan tumbuh dengan tinggi kurang lebih 1 – 3 meter saja. Buah tanaman tomat berwarna hijau, kuning dan merah ini dapat dimanfaatkan sebagai sayur untuk dimasak atau bisa dimakan langsung tanpa diproses.

Tanaman tomat yang tumbuh baik di lahan sempit rumah ini, mulai berbuah dimulai umur 9 minggu setelah menanam dan selanjutnya siap dipanen dengan interval setiap 5 hari sekali.

Temperatur ideal untuk menanam tomat setelah membaca beberapa literatur di buku dan majalah pertanian serta beberapa sumber informasi hasil searching di internet adalah 24 °C suhu siang hari, dan antara 15 – 20 °C suhu malam hari. Menanam tomat membutuhkan paparan sinar matahari sekurangnya 8 jam per hari dan curah hujan berkisar antara 750 – 1250 mm/tahun

Agar buah tomat tumbuh lebat, perlu dibutuhkan perempelan batang dan perempelan ini dilakukan 3 – 4 batang tunas air yang paling bawah juga membuang daun-daun tua atau sudah layu dan terinfeksi penyakit. Perempelan yang sudah pernah dilakukan dengan memakai alat potong seperti gunting yang steril.

Perempelan bagian tanaman tomat perlu dilakukan jika tanaman terlalu rimbun. Perempelan beberapa batang bertujuan untuk menjaga kondisi lingkungan agar tidak terlalu lembab. Perempelan juga ditujukan untuk merangsang pembungaan dan menghasilkan buah lebih banyak dan kualitasnya baik.



Baik sahabat yudi's..., demikian coretan yudi's tentang hobi baru semangat berkebun hasil pemanfaatan lahan sempit di rumah. Terima kasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca sedikit coretan di yudi's blog ini.

Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Liburan Tipis Tipis Wisata The Heritage Palace Solo Jawa Tengah