-->
Purnomo Wahyudi

Seni Bertanam Modern Hidroponik, Terarium, Hortirarium dan Hidrogel

Seni Bertanam Modern Hidroponik, Terarium, Hortirarium dan Hidrogel

 

Semakin meningkatkanya jumlah penduduk dan tingkat hunian penduduk saat ini menjadikan masyarakat tak lagi memiliki lahan cukup dalam bertanam. Seni bertanam modern hidroponik, terarium, hortirarium dan hidrogel merupakan solusi yang diterapkan yang juga bermanfaat untuk menyejukan udara yang kita hirup sehari – hari, serta dapat menciptakan produk artistik yang memiliki nilai jual.

Hidroponik, Terarium, hidrogel, dan hortirarium merupakan seni bertanam modern saat ini yang tidak menggunakan media tanah dalam proses penanamannya. Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Bertanam sayuran kangkung sistem hidroponik teknik air statis

Bertanam sayuran kangkung dan bayam merah sistem hidroponik teknik DFT (Deep Flow Technique)

Terrarium sendiri adalah seni menanam tanaman dalam wadah transparan. Proses perkembangan Terarium dalam wadah transparan juga mirip dengan apa yang terjadi di alam menjadikan proses ini menjadi biosfer buatan yang paling alami, meskipun laju perkembangannya relatif lambat.

Tak berbeda jauh dengan terarium, Hortirarium merupakan kreasi produk hortikultura, biasanya berupa buah maupun sayuran, yang disusun dalam sebuah media botol atau kaca menjadi produk artistik. Sementara hidrogel memanfaatkan gel sebagai media pengganti tanah dalam proses penanamannya. Hidrogel merupakan kristal polimer yang berfungsi menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba sehingga produk ini aman digunakan. Hidrogel tidak larut dalam air tetapi dia hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisi secara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman. Dengan demikian tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat karena hidrogel berfungsi menyerap dan melepaskan. Seni bertanam modern dipilih mengingat kondisi tingkat hunian yang makin tinggi sehingga menjadikan masyarakat tidak memiliki banyak lahan yang memadai untuk ditanami. 

Seni bertanam modern media hidrogel

Seni bertanam modern media hidrogel

Seni menanam tanaman dalam wadah transparan (Terrarium)
Purnomo Wahyudi
Load comments