Berkebun Di Lahan Sempit Di Sekitar Rumah


Berkebun di lahan sempit di sekitar rumah. Punya hobi dan semangat berkebun tidak harus memanfaatkan lahan luas, seadanya pun bisa!

Apakah bisa... ??? 
Kenapa tidak... ???

Sahabat Yudi's Blog, apakah Anda tertarik berkebun? Aktivitas ini sudah saya lakukan dan menikmati hasilnya, sekalipun harus berkebun di lahan sempit.

Punya hobi berkebun konon memberikan banyak manfaat, salah satunya:

Membuat rumah tampak lebih hijau,
Membuat udara di rumah jadi sejuk,
Mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi.

Nah....,  cukup banyak kan manfaatnya.

Sudah bukan zamannya lagi untuk khawatir berkebun di lahan sempit sekitar rumah. Seperti yang sudah saya lakukan ini, menanam dilahan sempit di sekitar rumah dengan tanaman hortikultura (tanaman konsumsi) jenis tanaman sayuran daun dan sayuran buah seperti kangkung, seledri, dan cabai baik menggunakan metode konvensional maupun hidroponik di lahan yang sangat sempit di sekitar rumah.

Media tanam yang digunakan tanah untuk yang konvensional dengan wadah pot dan polybag, sementara untuk metode hidroponik dengan menggunakan media air, sebuah paralon sebagai wadah untuk tanamanya.

Hidroponik dikenal sebagai soiller culture atau budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Nah...., untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang saya tanam disini semuanya hanya menggunakan nutrisi AB Mix (untuk sayuran daun dan buah). Terkadang memanfaatkan bekas air cucian beras juga saya gunakan untuk penyiraman tanaman dipakai buat selingan bisa menghemat pemakaian nutrisi AB Mix.

Penanaman dengan menggunakan metode hidroponik yang dipakai disini menggunakan teknik hidroponik air statis (wick system). Sistem paling sederhana dalam berhidroponik dan biaya paling murah tapi membutuhkan perhatian lebih dalam perawatannya. Karena tidak ada perputaran air sehingga kandungan oksigen yang diperlukan tanaman kurang.




Popular posts from this blog

Aplikasi Karaoke 5

Semangat Berkebun Tanam Buah Semangka dan Tomat Hasil Pemanfaatan Lahan Sempit Di Rumah

Masa Putih Abu-Abu