Menu

Prakarya - Produk Olahan Minuman/Makanan Sehat " Latatouile & Dragon Red Scrumble"


Kompetensi  Inti (KI) :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar (KD)       :
1.1    Menghargai keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2    Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3    Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan
3.2    Memahami manfaat dan proses pembuatan penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman/makanan kesehatan yang ada diwilayah setempat.
4.2 Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman/makanan kesehatan sesuai       hasil analisis dan bahan yang ada diwilayah setempat.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
  1. Mengaplikasikan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan
  2. Memahami pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat.
  3. Membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman/makanan kesehatan sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat.



Produk Olahan Inovasi Makanan Sehat : Latatouile & Dragon Red Scrumble
Pembimbing : Purnomo Wahyudi,ST
Kelompok : 2 (12-2)

  1. Adhevada
  2. Adila almas
  3. Afrija izatul
  4. Devi Novita
  5. M. Alfat H
  6. M. Boby Prima I
  7. M. Rieza A
  8. Namira 
  9. Latieva Sonia
Ratatouille :
Ratatouille adalah jenis masakan tradisional yang berasal dari daerah Nice, Perancis. Makanan ini adalah terdiri dari berbagai macam sayuran dan herbs seperti thyme, bay leave juga bisa diganti herbs yg lainnya, biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti tetapi sekarang ini bisa dikombinasikan sebagai makanan pembuka,sebagai saus untuk pasta,dicampur omlet dan masih bayak lainya

Lasagna/Lasagne :
Lasagna atau Lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagnasendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging.Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera.

Latatouille
Latatouille merupakan sebuah lasagna yang disajikan menyerupai ratatouille. Tujuannya untuk memperindah tampilan. Beberapa bahan ditaambahkan kedalam resep agar menciptakan suasana baru dan kekayaan rasa yang melimpah.

Bahan - bahan :
  • Kentang 
  • Tomat
  • Jamur kancing
  • Keju Mozarella 
  • Keju Cheddar  
  • Pasta Lasagna 
  • Garam
  • Lada 
White Sauce
  • 1 sendok makan Mentega/ Butter
  • 500 ml Susu Cair
  • 2 sendok makan Tepung
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Lada
  • 50 gram Keju Parut
Red Sauce
  • 1 buah Bawang Bombay
  • 4 siung Bawang Putih
  • 3 buah Tomat Merah (Rebus, Buang Kulit)
  • 1/4 sendok teh Oregano (optional)
  • 3 sendok makan Saus Tomat
  • 4 sendok makan Saus Spaghetti
  • 2 helai Daun Salam Kering
  • secukupnya Kaldu bubuk (optional)
  • secukupnya Garam, Gula & Lada
Cara Membuat :
  1. Potong tomat rebus menjadi dadu, biji lebih baik jangan dibuang karena memiliki kandungan vit c yang banyak.
  2. RED SAUCE:
    Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai warna berubah menjadi transparan, lalu masukkan daging cincang dan tumis hingga berubah warna. Lalu masukkan semua bahan Red Sauce
  3. WHITE SAUCE: 
  • Gunakan panci anti lengket. Dengan api kecil masukkan Mentenga, saat mentega lumer masukkan tepung dan tepung menyerap semua mentega, hati-hati tepung mudah gosong.
  • Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. masukkan susu sampai habis dan adonan mengental. lalu tambahkan Keju, merica dan garam.
  • Rebus kulit lasagna hingga lunak, jika sudah potong kulit lasagna menggunakan gelas agar berbentuk lingkaran.
  • Panaskan oven 175c
    gunakan wadah anti lengket berbentuk lingkaran lalu tuang Red sauce pada satu bagian, lalu timpa dengan White sauce, dan parutan keju mozarella lalu tutup dengan irisan berbentuk lingkaran dari bahan bahan; kentang, tomat, pasta susun secara semi vertical. Hingga penuh
  • Taburi bagian atas hidangan dengan potongan tipis jamur kancing, lalu tutup dengan Red Sauce dan White Sauce. Taburi keju cheddar diatasnya. Taburi daun bazil dan Presley kering diatas keju.
  • Panggang selama 20 menit, dan permukaan menjadi kuning keemasan. dengan sisa 5 menit terakhir taburi keju diatasnya. 
  • Untuk dihidangkan Latatouille dikeluarkan dari oven dan didiamkan dahulu 20 menit.
Manfaat Bahan :
Kandungan Nutrisi Kentang
Kandungan yang ada dalam kentang terdiri dari 70% nutrisi dan 30% zat-zat lain. Zat-zat lain berupa protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, potasium, vitamin dan mineral-mineral lainnya. 

Khasiat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh
Ada beberapa khasiat kentang bagi kesehatan tubuh antara lain:
  • Kaya serat serta mencegah berbagai penyakit
    Kandungan serat dalam kentang sangat tinggi sebanding dengan gandum. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang kurus dan kurang berat badan. Selain itu bisa digunakan untuk program orang-orang yang diet. Karena kentang berguna untuk mengukur kadar kalori yang akan dibuang oleh tubuh. Kandungan serat pada kentang dapat mencegah berbagai masalah yang timbul dalam sistem pencernaan. Selain itu bisa mencegah timbulnya penyakit jantung, kanker prostat dan kanker rahim sesuai penelitian para ahli gizi. Kandungan vitamin B6 pada kentang dapat menghancurkan tumor dan kristal yang tumbuh sebagai virus dalam tubuh dan mencegah gangguan saraf.
  • Membantu penurunan kadar kolesterol
    Kentang mengandung banyak kalori seperti nasi. Namun kentang mempunyai tekstur yang lembut dan membuat rasa kenyang lebih tahan lama karena tumpukan kalorinya seimbang dan kental. Selain itu dapat membantu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan zat potasium yang bermanfaat untuk menghancurkan tumpukan kadar kolesterol pada sistem pencernaan terutama pada sistem peredaran darah. Ini perlu kita ketahui agar selalu mengkonsumsi kentang secara berkala.
  • Mencegah penyakit batu ginjal dan mengurangi peradangan
    Kentang banyak mengandung zat besi dan kalsium yang akan membentuk dan mengendap menjadi batu ginjal serta menimbulkan kadar asam urat dalam sistem peredaran darah. Namun kandungan kentang yang banyak magnesium nya dapat mencegah dan menolak endapan batu ginjal di sistem jaringan. Maka dari itu, kentang terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati batu ginjal. Begitu pula saran para dokter bahwa mengkonsumsi kentang bagi penderita batu ginjal sangatlah baik.
  • Meredakan stres dan baik untuk perkembangan otak
    Kandungan vitamin B6 dalam kentang dapat meredakan stres dalam pikiran. Karena hormon adrenalin dapat memperbaharui sel dan membuat pikiran serta tubuh terasa rileks, menumbuhkan perasaan menyenangkan dan tenang. Selain itu, Kandungan vitamin B6 juga dapat membantu perkembangan otak dan sistem sarafnya. Kentang juga banyak mengandung tembaga dan zat besi.
  • Perawatan kulit dan kecantikan
    Manfaat kentang yang lainnya adalah untuk kecantikan. Vitamin C dalam kentang sangat baik dan bagus untuk kulit terutama wajah yang dapat membuat kulit halus, lembut dan bersinar. Kita bisa menggunakan kentang untuk menghilangkan timbulnya bengkak dan lingkaran hitam yang ada di mata dengan cara mengiris kentang lalu menempelkan pada mata, tunggu kurang lebih 30 menit.
    Selain itu bisa juga dibuat untuk masker kecantikan kulit wajah dengan cara membuat jus kentang lalu balurkan hasilnya ke seluruh wajah agar nampak cantik dan berkilau. Kandungan nutrisi dalam kentang dapat mengobati penyakit jerawat pada wajah dengan cara mengiris tipis kentang lalu tempel kan irisannya di bagian-bagian wajah yang terjangkit penyakit jerawat.
  • Mencegah tekanan darah tinggi dan menyehatkan tulang
    Kentang yang mengandung kalsium, kalium dan magnesium sangat bagus dan dapat dipercaya untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Selain itu kandungan zat besinya dapat membantu pertumbuhan sempurna dan menyeluruh bagi tulang serta membentuk kekuatan dan struktur yang baik untuk tulang.
Tomat 
merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Berikut ini  manfaat tomat bagi kesehatan tubuh :
  • Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan. Salah satu kelebihan tomat yaitu merupakan sumber serat yang diperlukan oleh tubuh anda. Sehingga, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mulailah dengan mengkonsumsi buah merah tersebut. 
  • Melindungi kulit wajah dan Kulit Tubuh. Ini dikarenakan, tomat merupakan sumber likopen. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. 
  • Memperkuat Tulang Pada Tubuh. Ini dikarenakan, buah tersebut merupakan sumber vitamin K yang mampu mencegah mengeroposnya tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporosis. 
  • Pencegah Kanker Yang Lebih Efektif. Bagi anda yang ingin terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium, mulailah rutin untuk mengkonsumsi buah tomat tersebut.Karena kandungan likopen dalam tomat sangat ampuh mencegah berbagai kanker tersebut. 
  • Pencegah Diabetes Secara Alami. Kandungan kromium dalam buah tomat mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Sehingga lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh anda. 
  • Menajamkan Penglihatan Anda. Sumber vitamin A dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mampu menajamkan daya lihat organ mata seseorang terhadap berbagai benda di sekitarnya. 
  • Memperkuat dan Memperindah Mahkota Kepala Anda. Sumber vitamin A dalam tomat mampu menyehatkan rambut serta memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya. 
Jamur :
  • Mencegah resiko kanker
    Jamur kancing ini memiliki kandungan thiamin, magnesium, zinc dan juga lainnya ternyata dapat berguna dan bermanfaat untuk melawan serangan zat karsinogenis yang akan menyebabkan resiko kanker muncul di tubuh. Selain itu, jamur kancing ini juga dapat mencegah resiko tumor pada tubuh.
  • Mencegah resiko stroke
    Jamur kancing juga memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi, sehingga dapat di manfaatkan untuk mencegah terseranganya resiko stroke. Kandungan tersebut akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan juga menyeimbangkan atau menormalka aliran darah yang menyebabkan penyumbatan pada darah.
  • Tinggi kandungan antioksidan
    Jamur kancing juga memiliki kandungan antioksifan yang sangat tinggi, kandungan antioksidan ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Manfaat kandungan antioksidan ini adalah dapat melawan radikal bebas, melawan sel kanker dalam tubuh, dan juga dapat meningkatkan sistem imun serta mengatasi migrain dan juga melawan AIDS.
  • Tinggi kandungan serat
    Jamur kancing juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, kandungan tersebut akan sangat membantu untuk melancarkan pencernaan dengan baik. Selain itu, kandungan serat ini juga memiliki peranan lainnya seperti mencegah sembelit, dan juga melancarkan BAB.
  • Menurunkan berat badan
    Jika anda ingin melakukan penurunan berat badan dengan baik, anda dapat juga memanfaatkan jamur kancing ini sebagai bahan herbal atau alternatif untuk menurunkan berat badan dengan baik. Hal ini dikarenakan jamur kancing ini memiliki kandungan rendah kalori, karbihidrat, lemak baik dan juga sodium. Dengan begitu, akan membantu anda untuk menurunkan berat badan atau diet dengan maksimal.
  • Menambah energi
    Manfaat terakhir adalah menambah energi, jamur kancing ini juga dapat menambah atau meningkatkan energi dengan baik. Hal ini dikarenakan jamur kancing ini memiliki kandungan karbohidrat yang dapat membantu memberikan asupan energi dengan memecah glukosa dan fruktosa menjadi suatu energi.