Menu

Prakarya - Produk Olahan Minuman/Makanan Sehat " Musa Sapientum Fixa est Paenkeikeu "


Kompetensi  Inti (KI) :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1    Menghargai keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1    Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2    Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3    Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan
3.2    Memahami manfaat dan proses pembuatan penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman/makanan kesehatan yang ada diwilayah setempat.
4.2 Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman/makanan kesehatan sesuai       hasil analisis dan bahan yang ada diwilayah setempat.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
  1. Mengaplikasikan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan
  2. Memahami pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat.
  3. Membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman/makanan kesehatan sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat.


Produk Olahan Inovasi Minuman Sehat : Musa Sapientum Fixa est Paenkeikeu
Pembimbing : Purnomo Wahyudi,ST
Kelompok : 1 (12-3)

  1. Anjar Anggita R
  2. Ayuni Widya F
  3. Bagus Rijal A
  4. Dewi Jamilatun N
  5. Eka Meidyana S
  6. Fahry Alfian
  7. Mei Liana Wati
  8. Mochamad Dani
  9. M. Yusuf Hidayat
Bahan yang digunakan :

  • Tepung terigu
  • Susu bubuk coklat
  • Telur
  • Pisang
  • Baking powder
  • Gula pasir
  • Mentega
  • Garam
  • Es Krim

Alat yang digunakan:
  • Mixer
  • Teflon
  • Wadah
  • Sendok sayur
  • Piring
Cara Pembuatan :
  1. Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur,susu dan pisang yang sudah dihaluskan dengan ballon whisk sampai rata atau bisa menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah (kalau tidak punya ballon whisk dan mixer, bisa juga menggunakan spatula kayu)
  2. Kocok putih telur sampai kaku. Bisa menggunakan garpu maupun ballon whisk.
  3. Kemudian masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk rata. Nah dalam mencampur adonan tepung dengan putih telur, bisa juga menggunakan tehnik pancing. Dengan cara mengambil sedikit putih telur dan campurkan ke dalam terigu, aduk rata. tambah sedikit demi sedikit. Kemudian baru masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Langkah ini untuk menghindari putih telur yang bergerindil.
  4. Panaskan teflon diameter paling kecil (yang untuk bikin telor ceplok), oles dengan margarin, kecilkan api. Bisa juga menggunakan teflon ukuran standar.
  5. Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, tutup sebentar
  6. Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya
  7. Angkat jika sudah berwarna kecoklatan
  8. Sajikan dengan topping es krim dan susu kental manis
Manfaat dan Kandungan Bahan :
  • Tepung terigu
    Kandungan gizinya antara lain : karbohidrat, protein, kalsium, asam folat, zat besi, seng, vit. B1, B2 dll.
    Berdasarkan zat protein yang dikandungnya, tepung terigu dibagi menjadi 3 jenis, yaitu tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein rendah. Semakin tinggi kadar proteinnya, semakin tinggi pula kadar kekenyalannya. Karena itu, tepung terigu yang paling cocok untuk membuat mie, roti, atau pasta adalah terigu berprotein tinggi. 
  • Susu bubuk coklat
    Mengandung lemak susu minimal 26 % yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Selain susu bubuk full cream banyak aplikasi / kegunaannya, Susu Full Cream juga menambah gizi pada makanan yang dicampur oleh susu bubuk full cream tersebut.
  • Telur
    Telur mengandung energy, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vit A, B1, C dll.
    Manfaat telur bagi kesehatan : membantu perkembangan otak, kesehatan mata, menghilangkan jerawat, menjaga badan tetap sehat, kesehatan rambut dan kuku, membantu dalam kehamilan, mencegah kanker dan penyakit jantung, menyembuhkan gangguan paru-paru, menjaga stamina, dll.
  • Pisang
    Pisang mengandung air, gula, protein, lemak, serat selulosa, kalsium, fosfor, zat besi, vit B, dll.
    Manfaat pisang : meningkatkan kekebalan tubuh, obat hipertensi, mencegah penyakit jantung, kesehatan janin, mengatasi anemia, mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan berat badan, dll.
  • Baking powder
    Komposisi kimia dari baking powder adalah  campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Baking powder juga berisi inert seperti pati. Bahan berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga agar komponen bahan baking powder tetap dalam keadaan baik. Baking powder  biasanya digunakan sebagai pengembang (leavening agent) cake, bolu panggang, bolu kukus, cup cake dan pancake. 
  • Gula pasir
    Energi sebesar 364 kilokalori, karbohidrat 94 gram, kalsium 5 miligram, fosfor 1 miligram. Dalam perang kuno, gula pasir biasa digunakan untuk mengobati infeksi atau luka karena goresan pedang. Gula pasir juga sering digunakan untuk perawatan kulit yaitu digunakan untuk scrub.
  • Mentega
    Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, kalsium, Fosfor, Zat besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C. Manfaat mentega : menjaga kesehatan kulit, obat osteoporosis dan arthritis, terhindar dari penyakit kronis, system kekebalan tubuh, membantu diet sehat, pertumbuhan otak anak, menguatkan tulang, sebagai masker wajah, meningkatkan stamina.
  • Garam
    Kandungan garam antara lain : yodium, fosfor, cobalt, kalsium, kalium, magnesium, zinc, fluor, dll.
    Manfaat : memperkuat system kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, asma, kesehatan jantung, diabetes, osteoporosis, otot, depresi, menetralkan asam lambung, mengobati gangguan mata, sebagai obat kumur, dll.
  • Es Krim
    Energi (207 kkal), protein (4,0 g), dan lemak (12,5 g), mineral, enzim-enzim, kalsium, serta vitamin A. C dan D.
    Manfaat :Menjaga kepadatan massa tulang, pencegahan osteoporosis, kanker, serta hipertensi.
  • Susu kental manis
    Mengandung energi sebesar 336 kilokalori, protein 8,2 gram, karbohidrat 55 gram, lemak 10 gram, kalsium 275 miligram, fosfor 209 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Susu Kental Manis juga terkandung vitamin A sebanyak 510 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 1 miligram.
    Manfaat : menurunkan risiko beberapa penyakit seperti kanker payudara, membuat kita cepat mengantuk sebelum tidur, juga berguna untuk perawatan kecantikan seperti masker susu dan pembersih wajah.