Menu

Peringatan Malam Nuzulul Qur'an di SMA Negeri 1 Bojonegoro


Malam Nuzulul Qur'an tanggal 22 Ramadhan pada hari kamis [7/6/2018] malam di SMA Negeri 1 Bojonegoro telah diperingati oleh seluruh warga sekolah. Kegiatan ini terlaksana melalui program kerja OSIS sie- 1 (Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa) SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Hadir pada peringatan malam Nuzulul Qur'an beliau ustadz Joko selaku penceramah dan pemberi tausiyah , ustadz Dwiki imam sholat maghrib, sholat isya', dan sholat tarawih, seluruh dewan guru, staff tata usaha, dan seluruh siswa siswi SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Peringatan malam Nuzulul Qur'an di SMA Negeri 1 Bojonegoro yang pelaksanaanya dimulai sore hari pukul 15.30 wib ini di awali dengan kegiatan tadarus al qur'an bersama seluruh siswa/siswi di halaman sekolah. Usai kegiatan tadarus al qur'an, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian tausiyah oleh ustadz Dwiki jelang menunggu persiapan waktu sholat maghrib. 

Acara buka bersama dimulai kurang lebih pukul 17.35 s.d selesai, selepas mendirikan sholat maghrib berjamaah. Sebelum acara peringatan Nuzulul Alquran dimulai diawali sholat isya dan sholat tarawih berjamaah. Untuk imam pelaksanaan sholat isya' dan tarawih pada peringatan malam Nuzulul Qur'an ini beliau ustadz Dwiki. Sedangkan selaku penceramah atau pemberi tausiyah pada peringatan malam Nuzulul Qur'an beliau Ustadz Joko dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Banyak nasihat yang beliau sampaikan di tausyiah malam Nuzulul Qur'an ini, diantarnya :
  1. Malam Lailatur Qadar sangat istimewa. Segala amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya seolah-olah ibadah selama seribu bulan. Oleh karena itu, perbanyak ibadah seperti shalat malam, tadarus, shalawat, shadaqah, dan i'tikaf.
  2. Manfaatkan momen Ramadhan ini dengan menjalankan ibadah semaksimal mungkin. Puasa saja selama Ramadhan itu termasuk "rugi" karena itu hanya menggugurkan kewajiban. Perbanyak ibadah sunnah agar lebih banyak pahala yang kita dapatkan.
  3. Sebagai umat Nabi Muhammad yang usianya rata-rata 60 tahun, kita diberi keistimewaan bisa mengumpulkan pahala ribuan tahun dengan adanya bulan suci Ramadhan, malam Lailatul Qadar, dan menjalin silaturrahim.

No comments: