Menu

Mau Berapa Tahun Lagi Menunda Perubahan

Life is like a staircase. You have to go up each stair to reach the top.

Demikianlah kata mutiara dari negeri barat tentang kehidupan. Hidup bagaikan sebuah tangga. Setiap hari kita harus menapaki anak-anak tangga tersebut satu demi satu sehingga sampai ke posisi paling atas.

Hidup tidak boleh berhenti, sebab tangga itu tak bisa naik dengan sendirinya. Satu-satunya orang yang sanggup membawa kita sampai ke puncak adalah diri kita sendiri. Karena itu teruslah menaiki anak tangga tersebut meski sangat pelan. Yang penting jangan berhenti.

Menurut hemat saya, jika sang penyusun quotes tersebut melihat keadaan di zaman sekarang, kemungkinan ia akan menyempurnakan lagi nasihat tersebut. Karena saat ini yang lebih tepat adalah, hidup bagaikan kita ingin menaiki tangga eskalator yang sedang bergerak turun ke bawah!

Saya pernah melakukannya ketika masih anak-anak. Jangan-jangan saudara juga? Saat itu di sebuah mall saya lihat eskalator yang berjalan turun. Maka saya memutuskan untuk berlomba menantang kecepatan eskalator itu! Saya berlari menaikinya sampai akhirnya berhasil ke atas. Hehehe. Dasar anak-anak!

Bagaimana rasanya? Tentu kita harus bergerak lebih cepat dari biasanya, dan kita benar-benar tak boleh berhenti. Sebab berhenti artinya bukan lagi diam di tempat, tetapi terhempas ke bawah lagi. 

Demikianlah kehidupan kita zaman sekarang. Kita sedang berlomba dengan kecepatan perubahan dunia. Yang harus kita perbuat adalah bergerak lebih cepat lagi dan lagi. Siapa yang diam, ia akan terhempas ke bawah dengan sendirinya. 

Tahun semakin berganti, usia pun semakin hilang. Rasanya baru kemarin 1439 Hijriah, tetiba hari ini sudah bertambah lagi. Apakah cepatnya perputaran waktu merupakan tanda bahwa saya telah melalaikan satu tahun berlalu begitu saja? Astagfirullah.

Saya doakan semoga saudara semua jauh lebih baik dari saya. Semoga tahun 1440 ini benar-benar menjadi tahun perubahan yang saudara impikan selama ini. Mudah-mudahan dimampukan bagi kita semua.

Jangan lupa, berubah itu mudah. Yang sulit adalah mempertahankan perubahan itu sendiri. Oleh karena itulah kita membutuhkan teman yang senantiasa mengingatkan dan menjadi motivasi. 

No comments: