Momen Foto Bersama Tim Ganeca Victory di Depan Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra Surabaya
Sang Juara 'Olimpiade Entrepreneurship' Universitas Ciputra Surabaya 2022
Bagus Ibnu Haikal (Foto Kiri), Pasquita Imandianis Bernika (Foto Tengah), Nabila Aristawati (Foto Kanan)
Tulisan ini terinspirasi ketika mendampingi tiga siswa hebat SMAN 1 Bojonegoro yang mengikuti lomba "Olimpiade Entrepreneurship" di Universitas Ciputra Surabaya. Catatan-catatan ini menghiasi laman 'Yudis Blog' menceritakan perjalanan awal pendaftaran mengikuti lomba hingga menjadi sang juara dalam kompetisi bergengsi Olimpiade Entrepreneurship 2022 Kantin Kekinian Dukung Jatim Bangkit SMA-SMK se-Jawa Timur kolaborasi Universitas Ciputra Surabaya bersama JTV dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Bagaimana tidak disebut sang juara, Ya meraka adalah juaranya. Ketika mereka sudah berani mencoba untuk mengikuti lomba ini. Mereka adalah sang juara yang karena rasa percaya dirinya berani bersaing dengan ratusan peserta lainnya dari Jawa Timur untuk bisa lolos ke tahapan final hingga jadi sang juara.
Membimbing ketiga siswa mengikuti perlombaan menjadi rasa tersendiri dalam aktivitas saya sebagai guru. Mereka memperlihatkan rasa senang, gugup, khawatir, semangat, penuh antusias bercampur baur menjadi satu, dalam awal perjalanan lomba hingga masuk babak final dan berbuah manis mendapatkan juara 1 sesuai yang diharapakan. Di awali mendaftar lomba dengan mengirimkan proposal lomba ke panitia Olimpiade Entrepreneurship di Universitas Ciputra Surabaya dengan mengangkat tema 'Pengembangan Kantin Ganeca Maju SMAN 1 Bojonegoro dengan E-Kantin Pesan di Aku' pada tanggal 3 November 2022 mendapat balasan 'Berhasil Lolos ke Babak Selanjutnya' melalui email olimpiade_entrepreneurship@ciputra.ac.id.
Olimpiade Entrepreneurship <olimpiade.entrepreneurship@ciputra.ac.id>
Thu, Nov 3, 2022, 8:11 PM
Yth Bapak/Ibu Guru Pendamping, Siswa Peserta Olimpiade Enterpreneurship - GANECA VICTORY
SMA Negeri 1 Bojonegoro
Salam Entrepreneurship!
Melalui email ini, kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu dan Rekan-Rekan yang telah melakukan pendaftaran pada Olimpiade Entrepreneurship 2022, kompetisi bergengsi atas kolaborasi Universitas Ciputra Surabaya bersama JTV dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Panitia telah menerima banyak proposal dan setelah melewati proses seleksi, kami ingin menginformasikan bahwa Tim Bapak/Ibu dan Rekan dari SMA Negeri 1 Bojonegoro berhasil lolos ke babak selanjutnya.
Sertifikat Penghargaan Guru Pembimbing
Lomba Olimpiade Entrepreneurship Universitas Ciputra Surabaya
Pada tahap selanjutnya tim Ganeca Victory (ketiga siswa peserta lomba dari SMAN 1 Bojonegoro) lebih lanjut terkait lomba project pengembangan kantin sekolah mendapatkan fasilitas tim mentor yang hebat dari kampus penyelenggara lomba 'Olimpiade Entrepreneurship' ini untuk mendapatkan pendampingan selama lomba. Tidak hanya siswa yang mendapatkan pendampingan melalui mentornya, tetapi guru pendamping juga mendapatkan pelatihan Entrepreneur secara daring dengan tujuan pelatihan ini adalah pembimbingan terhadap tim dari sekolah materi dapat diterapkan untuk pendampingan siswa dalam proses pengerjaan proyek.
Universitas Ciputra atau Universitas Ciputra Surabaya adalah penyelenggara dari lomba bergengsi ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya yang terkenal sebagai kampus pencetak Entrepreneur yang handal dengan Pendidikan dan Praktek Entrepreneurship diberikan secara merata disemua alur studi/konsentrasi. Entrepreneurship sendiri memiliki arti yang lebih luas dari sekedar berjualan, membuka dan menjalankan bisnis karena didalamnya terdapat unsur kreatifitas & inovasi, kemampuan membaca kebutuhan pasar (market sensitivity) dan pengambilan resiko yang terhitung (calculated risk taking).
Berikutnya pada tanggal 24 Januari 2023 mendapat informasi 'Berhasil Lolos ke Babak Final' melalui email olimpiade_entrepreneurship@ciputra.ac.id.
Olimpiade Entrepreneurship
Attachments
Tue, Jan 24, 1:29 PM (3 days ago)
to me, Dwi, Listia, Michael
Yth. Bapak/Ibu Guru Pendamping
Peserta Olimpiade Entrepreneurship 2022
Semoga selalu dalam keadaan baik.
Kami mengucapkan terima kasih dukungan dan usaha luar biasa dalam Olimpiade Entrepreneurship 2022.
Melalui email ini, kami ingin menyampaikan bahwa tim Bapak/Ibu berhasil lolos ke babak FINAL.
Selebrasi Final Olimpiade Entrepreneurship akan dilaksanakan pada Jumat, 27 Januari 2023 di Universitas Ciputra Surabaya.
Berikut kami lampirkan catatan juri sebagai referensi penyusunan materi presentasi. Selain itu, mohon dapat membaca dengan teliti informasi yang kami berikan pada dokumen : Informasi penting selebrasi (terlampir di bawah).
Terkait hal tersebut, kami mohon konfirmasi kehadiran Bapak/Ibu dengan membalas email ini atau mengirim pesan whatsapp ke Ibu Tea (085.230.074.097) paling lambat Rabu 25 Januari 2023 pukul 09.00 WIB
Demikian informasi dari kami. Terima kasih banyak untuk dukungan dan kerjasama Bapak/Ibu.
Salam
Panitia Olimpiade Entrepreneurship
Di ajang kompetisi Olimpiade Entrepreneurship ini banyak menantang ketiga siswa untuk berkolaborasi. Ketiga siswa dikondisikan pada moment-moment yang mereka harus bisa berkolaborasi satu sama lainya. Selama proses pembimbingan dengan guru pembimbing dan mentoring berdiskusi sangat intens dengan kakak mentor nya dari Universitas Ciputra Surabaya akhirnya mampu menyelesaikan project entrepreneurship kantin kekinian hingga membawa mereka ke tangga puncak prestasi. Project entrepreneurship kantin kekinian ini mereka namakan e-Kantin 'Pesan di Aku'. Perkembangan ketiga siswa selama pembinaan dan mentoring mampu membuat Prototype dan PPT telah diselesaikan 100% dan mendapatkan apresiasi.
Tim Ganeca Victory Presentasi Project Entrepreneurship Kantin Kekinian e-Kantin 'Pesan di Aku'
di Depan Dewan Juri Pada Babak Semifinal
Sesi Tanya Jawab Tim Ganeca Victory dengan Dewan Juri
Babak Semifinal
Foto Tim Ganeca Victory Berhasil Meraih Juara 1
Olimpiade Entrepreneurship" Universitas Ciputra Surabaya 2022
Jumat, 27 Januari 2023
Kunci dari keberhasilan ini ada lima kompetensi yang dimiliki oleh ketiga siswa tersebut. Diantaranya berpikir kritis adalah kompetensi pertama yang sudah mereka miliki. Kenapa? Karena poin dalam ajang kompetisi ini mereka harus mampu memahami permasalahan yang ada di kantin sekolah dan dengan berpikir kritis mampu mencari solusi untuk setiap masalah dari kantin tersebut. Berfikir kritis menggiring pada kompetensi berikutnya yaitu kreativitas. Kompetensi ini membuat ketiga siswa dapat menciptakan sesuatu idea atau temuan yang unik dan baru. Yang tidak kalah pentingnya adalah kompetensi komunikasi. Kompetensi ini mutlak diperlukan karena menjadi modal tidak hanya bernegoisasi tapi juga alat untuk mewujudkan kompetensi yang lainya. Yang keempat adalah kompetensi berkolaborasi. Kemampuan berkolaborasi menjadi tuntutan untuk bisa bekerja dalam sebuah tim. Yang terakhir yaitu kemampuan membangun jaringan. Kompetensi ini diperlukan sebagai akses untuk tetap bisa eksisnya hasil inovasi kantin sekolah digital untuk tetap bisa terus berjalan.
“Pesan di Aku” adalah sebuah website e-kantin yang menyediakan pelayanan terhadap pengguna atau calon pengunjung kantin, yang mana dimaksud di sini adalah seluruh warga SMAN 1 Bojonegoro. Melalui website ini pengunjung kantin akan dimudahkan dalam hal memilih hingga memesan makanan ataupun minuman yang akan dibeli tanpa harus berdesak-desakan di kantin sekolah. “Pesan di Aku” merupakan salah satu bentuk digitalisasi dari Kantin Sekolah yang konvensional menjadi kantin online yang mudah diakses semua orang. Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut orang untuk beradaptasi dan membiasakan diri untuk berteman dengan teknologi. Mengingat di era digital saat ini segala hal dilakukan dengan bantuan teknologi, tentu penggunaan kantin online akan sangat membantu dalam mengefisiensikan waktu seluruh penggunanya. Hal tersebut mendasari Tim Kewirausahaan untuk membuat suatu terobosan baru dalam pelayanan Kantin Sekolah melalui pemanfaatan teknologi digital saat ini dalam bentuk website “Pesan di Aku”. E-kantin ini merupakan suatu bentuk inovasi sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan kantin yang ada di sekolah. Sistem pemasaran digital merupakan sebuah terobosan bagi penjual dan warga sekolah untuk sama-sama menjalin hubungan timbal balik yang memberikan keuntungan antara satu dengan yang lainnya. Melalui aplikasi e-kantin “Pesan di Aku”, seluruh warga sekolah dapat memanfaatkan smartphone yang mereka miliki untuk mempermudah akses pembelian makanan yang diupayakan untuk pemenuhan kebutuhannya disekolah selepas kegiatan belajar mengajar.
Fitur-Fitur yang Ditawarkan
Adanya e-kantin “Pesan Di Aku” ini diharapkan bisa mengurangi atau bahkan mengatasi permasalahan yang ada di kantin saat ini. Pada website “Pesan Di Aku” terdapat beberapa fitur menarik antara lain sebagai berikut:
Fitur pemesanan makanan
Pada fitur ini, para siswa bisa melakukan pemesanan makanan dikantin melalui gawai masing-masing. Mereka juga bisa melihat menu apa saja yang dijual pada hari itu beserta daftar harganya. Terdapat pula informasi mengenai nilai gizi setiap makanannya, misalkan berapa kalori, lemak, dan lain lain.
Fitur pembayaran makanan
Setelah memilih makanan, pembayaran bisa langsung dilakukan pada laman web sekaligus. Setelah melakukan pembayaran, siswa bisa langsung mengambil makanan atau minumannya di kantin dengan mengscan kode qr yang tersedia di kantin, untuk pembayaran menggunakan uang secara konvensial juga masih tersedia. Fitur ini juga bisa mengurangi antrean di kantin.
Fitur booking
Keterbatasan lahan membuat meja dan kursi di kantin pun tidak terlalu banyak. sehingga untuk mengatasi hal tersebut, maka terdapat fitur booking. Mekanisme kerja fitur ini yaitu para siswa memilih meja kantin yang akan di booking. Setiap meja akan diisi 5-8 kursi, sehingga metode pemesannya haruslah kelompok. Penggunaan meja maksimal 15 menit saja. Hal ini dikarenakan agar semua siswa berkesempatan untuk menikmati makanan dan minuman di kantin. Selain itu, suasana kantin juga akan diwarnai dengan adanya pojok hiburan yang berupa panggung kecil untuk penampilan bakat siswa. Pada saat hari-hari besar tertentu, misalkan hari pahlawan, maka kantin akan dihias sedemikian rupa sesuai dengan tema. Semua ini ditujukan untuk mengubah suasana kantin yang terkesan monoton.
Implementasi di Lingkungan Sekolah
Aplikasi E-kantin “Pesan di Aku” disosialisasikan keseluruh warga sekolah dalam bentuk link yang mudah diingat, yaitu http://pesandiaku.store. Melalui link tersebut seluruh warga sekolah dapat mengakses pelayanan kantin dengan mudah. Mengingat bahwa di setiap ruang sekolah telah tersedia wi-fi dan setiap siswanya dipastikan memiliki smartphone, maka penerapan “Pesan di Aku” sebagai bentuk digitalisasi kantin sekolah tidak memerlukan adaptasi dalam waktu yang lama.
Warga sekolah tentunya dapat menyesuaikan diri dengan cepat. Aplikasi “Pesan di Aku” dapat diakses setiap siswa dari kelas masing-masing. Calon pengunjung kantin hanya perlu membuka link dan memilih menu yang akan dibeli. Dengan demikian ketika di kantin pengunjung hanya tinggal mengambil pesanan yang sudah dibeli melalui website tersebut. Karena makanan yang disediakan di kantin adalah makanan yang sudah jadi, membuat penjual tinggal mengambil stok makanan di etalase dan memilahnya sesuai pesanan yang masuk, sehingga pembeli yang sudah memesan melalui website tidak perlu menunggu lama dan bisa langsung ke meja kasir khusus untuk pengambilan pesanan. Pembayarannya sendiri seperti yang telah diuraikan sebelumnya, dapat melalui e-money sehingga memudahkan penjaga kasir dalam memberi kembalian.
No comments:
Post a Comment