Menu

Soal Kompetensi Dasar Materi Pengolahan dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Makanan Fungsional


Kompetensi Dasar yang dievaluasi pada materi pengolahan dan kewirausahaan bahan nabati dan hewani menjadi makanan fungsional adalah KD 3.6 memahami perencanaan usaha pengolahan makanan fungsional dari bahan nabati dan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya administrasi dan pemasaran. KD 3.7 menganalisis sistem pengolahan makanan fungsional dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat. KD 3.8 memahami perhitungan titik impas (break event point) usaha pengolahan makanan fungsional dari bahan pangan nabati dan hewani. KD 3.9 menganalisis strategi promosi produk usaha pengolahan makanan fungsional dari bahan pangan nabati dan hewani.

Adapun materi disarikan dari buku paket Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 12 SMA/SMK Semester 2 Bab 4 Pengolahan dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Makanan Fungsional.

Pilih salah satu jawaban dengan benar dan tepat! - jumlah soal 40 dan tiap soal bernilai 2,5 poin 

1. Negara berikut yang terkenal memiliki batasan tegas dalam memberikan batasan pangan fungsional adalah negara ....
A. Amerika   B. India   C. Indonesia   D. Malaysia   E. Jepang

2. Makanan fungsional alami merupakan ….
A. makanan yang sulit dicari   
B. makanan yang memiliki fungsi
C. makanan yang sudah disediakan di alam tanpa perlu diolah karena dapat langsung dimakan atau digunakan
D. makanan yang bahan bakunya sulit dicari dan harganya tinggi
E. makanan yang sudah disediakan di alam dan perlu diolah terlebih dahulu untuk dapat dimakan

3. Susu mengandung berbagai zat yang berguna bagi pertumbuhan manusia terutama balita. Banyak produk olahan susu yang menjadi makanan khas di beberapa daerah di Indonesia, seperti dangke yang berasal dari daerah ….
A. Jawa Timur   B. Boyolali   C. Sumatera Selatan   D. Sumatera Barat   E. Sulawesi Selatan

4. Dibawah ini merupakan contoh makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan nabati, kecuali ....
A. nugget sayuran   B. kue lumpur kentang   C. kare kepiting   D. bakwan jagung   E. donat kentang

5. Dibawah ini merupakan contoh makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan hewani, kecuali ….
A. Bakso Solo   B. Sate lilit   C. Bandeng isi khas Jawa Timur   D. Kacang telor   E. Burger daging

6. Berikut yang bukan termasuk tujuan dilakukannya modifikasi pangan adalah….
A. Membuat produk dengan varian baru
B. Usia produk agar lebih awet
C. Menghasilkan tekstur pangan yang berbeda
D. Meningkatkan tingkat higienis produk
E. Mempermudah produksi

7.Kemasan digunakan untuk membungkus atau sebagai wadah yang dapat membantu megurangi/mencegah terjadinya kerusakan pada bahan yang ada didalamnya. Berikut yang bukan syarat-syarat bahan pengemas adalah ….
A. tahan air   B. kedap air   C. tidak beracun   D. tahan panas   E. harganya mahal

8. Harga dimana produsen tidak untung dan juga rugi, yang merupakan harga pokok dari suatu produk adalah pengertian dari ....
A. Harga pokok produksi
B. Harga discount
C. Harga beli
D. Harga penyusutan
E. Harga jual

9. Bila diketahui total biaya produksi Rp.200.000 dan menghasilkan 50 kemasan kripik,  HPP (harga pokok produksi) dari kripik yang dihasilkan...
A. Rp.4.500   B. Rp.5.000   C. Rp.100.000   D. Rp.4.000   E. Rp.1.000.000

10. Berapakah pendapatan bersih yang dihasilkan bila diketahui penerimaan kotor Rp.350.000 dan total biaya produksi Rp.200.000 !
A. Rp.500.000   B. Rp.600.000   C. Rp.550.000   D. Rp.350.000   E. Rp.150.000

11. Biaya yang tidak bergantung pada volume produksi merupakan definisi dari …..
A. Biaya tetap   B. Biaya variable   C. Biaya sewa   D. Biaya bahan baku   E. Biaya pokok produksi

12. Penentuan harga jual produk dapat ditentukan dengan menghitung ….
A. keuntungan   
B. harga pokok produksi dan perkiraan keuntungan yang akan didapatkan
C. harga produksi dan harga jual
D. laba rugi
E. harga pokok produksi

13. Salah satu manfaat jamu beras kencur adalah ….
A. tidak baik untuk dikonsumsi
B. mengurangi nafsu makan
C. baik untuk penderita diabetes
D. baik untuk penderita maag
E. mengobati sakit haid

14. Berikut yang bukan merupakan sarana promosi suatu produk adalah …..
A. personal selling   B. advertising   C. publicity   D. sales promotion   E. market test

15.Untuk meningkatkan permintaan produk dari konsumen seorang pengusaha harus melakukan promosi, Adapun tujuan dari promosi seperti dibawah ini, kecuali ….
A. Peningkatan performa kerja perusahaan
B. Adanya peningkatan permintaan produk dari konsumen
C. Menarik minat konsumen baru
D. Meniru produk pesaing
E. Komunikasi yang terjalin dalam promosi menjadi 2 arah

16. Dalam sistem konsinyasi, nama lain dari pihak yang dititipi barang disebut ….
A. consignment   B. consignee   C. conscientious   D. conscience   E. consignor

17. Makanan rendang berasal dari daerah .....
A. Makasar   B. Jakarta   C. Yogyakarta   D. lampung   E. Padang

18. Pada awalnya kita hanya bisa menemukan makanan khas daerah di tempat asalnya. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kita dapat menemukan makanan khas daerah di berbagai macam tempat, tidak hanya di daerah asalnya saja. Seperti mpek-mpek dan tekwan yang berasal dari Palembang dapat kita jumpai di berbagai tempat. Kesempatan yang muncul dan menjadi inspirasi bagi seseorang dalam melakukan usaha kuliner makanan khas daerah adalah disebut .…
A. Kegiatan usaha   B. Peluang usaha   C. Keberhasilan usaha   D. Kesempatan usaha   E. Ide usaha

19. Makanan dengan penampilan menarik akan menggugah selera, karena untuk mengkonsumsi makanan pandangan mata yang pertama bekerja, kemudian diikuti indera penciuman, kemudian lidah sebagai indera perasa. Untuk itu sebagai daya tarik konsumen pentingnya sebuah ….
A. Rasa yang enak
B. Penyajian yang menarik
C. Harga yang terjangkau
D. Disukai para pencinta kuliner
E. Aroma yang harum

20. Kamu melihat banyak remaja yang tidak menyukai produk makanan lokal. Alasan mereka adalah karena produk makanan daerah yang ada tidak memiliki rasa yang enak dan tidak menarik. Kamu sebagai pelaku bisnis kemudian berinisiatif untuk membuat produk makanan yang memiliki rasa yang enak dan menarik. Solusi yang kamu tawarkan adalah bagian dari tahapan menggali ide melalui …
A. Data   B. Survey pasar   C. Realita   D. pengalaman   E. komunitas bisnis

21. Hal – hal yang dapat menyebabkan kegagalan usaha adalah ....
A. Percaya diri    B. Kreatif    C. Mental Positif    D. Pesimis    E. Yakin

22. Rika melakukan usaha membuat klepon aneka rasa. klepon rika banyak penggemarnya dan rasanya enak, hanya saja mudah basi. oleh karena itu rika membungkus klepon dalam keadaan kedap udara. sumber daya apakah yang harus diubah oleh rika untuk mengatasi masalah tersebut? 
A. Machine   B. Material   C. Money   D. Market   E. Man

23. Bir pletok tidak seperti bir pada umumnya, karena bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini sangat fungsional bagi tubuh, minuman ini berasal dari...
A. Jawa Timur   B. Jawa Tengah   C. Jawa Barat   D. Jakarta   E. Bali

24. Berikut ini adalah cara pengolahan makanan yang tidak fungsional yaitu...
A. memasak dengan tingkat kematangan yang sesuai
B. menggoreng dengan minyak pada suhu tinggi
C. memasak telur sampai matang
D. mencuci bahan makanan dengan bersih

25. Perbedaan mendasar antara makanan fungsional dan suplemen atau obat adalah.....
A. makanan fungsional sulit didapat, suplemen atau obat mudah didapat
B. makanan fungsional tidak memerlukan dosis tertentu, suplemen atau obat memerlukan dosis tertentu
C. makanan fungsional lebih murah daripada suplemen atau obat
D. makanan fungsional sulit pengolahannya, suplemen atau obat tidak perlu pengolahan
E. makanan fungsional lebih beragam dari suplemen atau obat

26. Makanan / minumanfungsional adalah makanan hasil olahan dari bahan baku nabati dan hewani yang memiliki fungsi berikut , kecuali
A. memiliki kandungan probiotik
B. menjaga kesehatan
C. membuat ketagihan
D. pemenuhan nutrisi
E. pemenuhan gizi

27. Bila obat lebih berfungsi untuk mengobati suatu penyakit maka makanan fungsional lebih berfungsi pada
A. Penambahan penyakit   B. Pengobatan   C. Tidak berfungsi apapun   D. Pencegahan   E. Penularan

28. Membuat jamu instan dan membuat jamu dengan bentuk soft drink merupakan.....
A. Kreatif   
B. Inovatif   
C. Memanfaatkan peluang   
D. Pandai mengambil kesempatan
E. Memanfaatkan ide

29. Berikut termasuk produk kesehatan khas daerah, kecuali ......
A. Minyak atsiri   B. Kunyit asam   C. Beras kencur   D. Minyak Cajuput   E. Soft drink

30. Salah satu cara pemasaran adalah sistem konsinyasi. Pengertian dari sistem konsinyasi adalah ......
A. Penjualan produk dengan sistem online
B. Penjualan produk dengan memamerkan produk
C. Penjualan produk dengan sistem titip jual
D. Penjualan produk dengan pembuatan brosur
E. Penjualan produk dengan membuat iklat dengan pamflet

31. Salah satu strategi yang paling efektif untuk mendukung penjualan minuman / makanan fungsional dapat dilakukan dengan cara.....
A. Meningkatkan pemodalan usaha
B. Meningkatkan jumlah produksi
C. Membuat kemasan yang menarik untuk meningkatkan pemasaran
D. Menghimpun jaringan usaha yang lebih luas dengan membuka cabang usaha baru
E. Mencari lokasi usaha yang tepat

32. Makanan dan minuman fungsional memiliki potensi yang besar untuk berkembang di Indonesia karena semakin banyaknya minat terhadap makanan dan minuman ini. Salah satu alasan yang mendukung peningkatan minat terhadap makanan funsional adalah....
A. Harga yang relatif terjangkau
B. Adanya penemuan-penemuan ilmiah manfaat makanan fungsional bagi tubuh
C. Jaminan tidak ada campuran dari bahan kimia
D. Bahan baku yang berasal dari alam merupakan bahan yang aman
E. Proses produksi yang tradisional menjamin kualitas dan manfaat produk

33. Fungsi makanan fungsional ada tiga yaitu primer, sekunder dan tersier. Pernyataan yang benar mengenai fungsi makanan fungsional tersier adalah....
A. Dapat diterima oleh konsumen secara sensoris
B. Dapat memenuhi kebutuhan pokok
C. Memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan, mengurangi terjadinya suatu penyakit dan menjaga metabolisme tubuh
D. Memiliki fungsi makanan estetik
E. Dapat memenuhi kebutuhan gizi

34. Pernyataan dibawah ini yang bukan merupakan syarat makanan fungsional adalah....
A. Layak di sajikan dan di konsumsi
B. Memiliki kandungan pengawet dan pewarna buatan yang ramah bagi tubuh
C. Mempunyai manfaat bagi kesehatan yang di nilai dari komponen pangan fungsional berdasarkan kajian ilmiah Tim Mitra Bestari
D. Memiliki karakteristik sensori : penampakan, warna, tekstur/ konsistensi dan cita rasa yangdapat diterima konsumen
E. Bahan berstandar mutu dan persyaratan keamanan dan persyaratan lain yang ditetapkan

35. Jenis makanan fungsional, kecuali .....
A. Makanan fungsional alami
B. Makanan fungsional tradisional
C. Makanan fungsional buatan
D. Makanan fungsional modern
E. Makanan fungsional resmi

36. Salah satu manfaat sumber daya nabati adalah sebagai bahan baku obat jenis tanaman dibawah ini yang berkhasiat mengobati penyakit, kecuali....
A. Jahe merah   B. Kunyit   C. Temulawak   D. Kamboja   E. Mahkota dewa

37. Hasil pemerahan susu yang mempunyai citarasa spesifik sebagai hasil fermentasi oleh bakteri tertentu disebut....
A. Susu SKM   B. Susu kedelai   C. Yogurt   D. Krim   E. Es krim

38. Contoh minuman fungsional dibawah ini kecuali....
A. Bandrek   B. Sekoteng   C. Tauco   D. Yogurt   E. Kunyit asem

39. Hal-hal yang harus diingat dalam penggunaan BTP adalah....
A. Berubah warna   
B. Gunakan BTP yang sudah rusak
C. Gunakan BTP yang tidak sesuai karakter produknya
D. Gunakan BTP yang diijijnkan
E. Melebihi takaran penggunaan

40. Metode pemasaran system konsinyasi yang bisa dijalankan dalam rangka produk makanan fungsional pada konsumen yaitu....
A. Menjelaskan lebih detail tentang produk
B. Area pemasaran
C. Melakukan kerja sama dengan toko-toko kecil dan mini market
D. Memberi informasi
E. Memperlihatkan contoh produk

41. Menurut BPOM makanan fungsional adalah .....
A. Makanan yang sehat
B. Makanan yang bermanfaat
C. Makanan yang dianggap mempunyai fungsi fisiologis yang bermanfaat bagi kesehatan.
D. Makanan yang mengandung unsur lengkap
E. Makanan yang bisa menjadi obat

42. Makanan fungsional tidak sama dengan obat. Pernyataan yang tepat tentang makanan fungsional adalah .....
A. Makanan cenderung mencegah penyakit daripada mengobati.
B. Mengkonsumsi makanan fungsional sesuai dengan dosis yang dianjurkan
C. Makanan yang banyak mengandung mineral dan vitamin sehingga dapat mengobati penyakit
D. Makanan yang memiliki fungsi sebagai obat tradisional
E. Makanan yang dapat dinikmati tanpa dosis tertentu

43. Makanan minuman fungsional memiliki potensi yang besar untuk berkembang di Indonesia karena semakin banyaknya minat terhadap makanan dan minuman sehat. Berikut adalah salah satu alasan yang mendukung peningkatan minat terhadap makanan fungsional adalah .....  
A. Harga terjangkau
B. Bersifat alami
C. Bahan baku berasal dari alam
D. Proses produksi secara tradisional
E. Adanya penemuan ilmiah manfaat makanan dan minuman fungsional bagi kesehatan.

44. Pengolahan yoghurt terdiri atas beberapa bagian, salah satunya adalah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, dan kamir. Proses yang dimaksud adalah .....
A. Fermentasi    B. Pasteurisasi    C. Sterilisasi    D. Inkubasi    E. Promosi

45. Contoh makanan fungsional dari Jawa Barat adalah .....
A. Wedang dongo
B. Yoghurt
C. Sekoteng.
D. Kunir asem
E. Jahe anget

46. Dibawah ini yang tidak termasuk prinsip pengolahan makanan fungsional adalah .....
A. Pengolahan makanan dengan penggunaan panas
B. Pengolahan makanan dengan suhu rendah
C. Pengolahan makanan dengan fermentasi
D. Pengolahan makanan dengan pengeringan 
E. pengolahan makanan dengan penguapan.

47. Cara meyakinkan konsumen dalam membeli olahan makanan fungsional adalah .....
A. Lokasi yang tepat
B. Usaha yang lancar
C. Modal yang penuh
D. Tanggung jawab
E. Menjaga kualitas bahan produksi.

48. Tahap akhir pembuatan makanan dan minuman fungsional adalah .....
A. Pengolahan bahan    B. Pengemasan.    C. Foto produk    D. Penggilingan    E. Pemasaran

49. Membuat kemasan produk yang menarik menggunakan aneka botol yang unik merupakan.....pemasaran
A. Pemasaran    B. Strategi.    C. Kelemahan    D. Kelebihan    E. Promosi 

50. Mampu menawarkan produk yang bervariasi dengan harga bersaing dan memenuhi selera konsumen merupakan ......
A. Visi perusahaan
B. Pedoman perusahaan
C. Misi perusahaan
D. Kefiatan pokok perusahaan
E. Tujuan kewirausahaan.

No comments: