Menu

Cooking Demo Kreasi Menu Creamy Fettucini Carbonara

Cooking Demo Kreasi Menu Creamy Fettucini Carbonara
Continental Food - ala Italia


Bojonegoro - Kegiatan pembelajaran mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan cooking demo kreasi menu olahan makanan Internasional (Continental food) Creamy Fettucini Carbonara bersama siswa/siswi kelas 11 MIPA 4 SMAN 1 Bojonegoro. 


Hai...Shobat Yudi di seluruh nusantara...! 
Pagi dan salam kuliner. 

Kembali lagi di channels Yudi's Blog (coretan-yudi). Artikel kali ini kembali seputar corat-coret berbagi resep menu olahan makanan Internasional (Continental food). Bersama siswa/siswi SMAN 1 Bojonegoro kelas 11 MIPA 4 berbagi resep cooking demo kreasi menu Creamy Fettucini Carbonara ala Italia

Shobat Yudi, ada begitu banyak ragam jenis dari pasta, salah satunya adalah fettuccine. Pasta yang memiliki bentuk seperti mi namun pipih ini juga sering dijadikan sebagai pengganti dari spaghetti, macaroni dan lazagna. Fettuccine juga enak dimasak dengan saus aglio olio, pesto bolognese, alfredo dan juga carbonara. Umumnya, olahan pasta yang sering dinikmati menggunakan saus bolognaise. Namun jika shobat yudi bosan dengan saus bolognaise bisa mencoba menggantinya dengan saus carbonara yang lebih creamy.

Saus carbonara yang cenderung gurih dan creamy terbukti disukai anak-anak. Saus ini terbuat dari susu cair yang dimasak bersama keju. Sebenarnya resep fettuccine carbonara asli menggunakan kocokan telur dan krim kental supaya hasilnya super creamy. Namun kali ini kita skip penggunaan telur dan krim kental, dan kita cukup ganti dengan tepung terigu supaya saus mengental.

Resep Creamy Fettucini Carbonara merupakan bagian dari hidangan yang sangat disarankan untuk menggunakan bahan daging asap, keju, dan lada. Umumnya sajian pasta dihadirkan dengan taburan rempah seperti oregano. Namun tak masalah jika shobat yudi tak menyukai bahan tambahan tersebut.

Resep Creamy Fettucini Carbonara yang dibagikan dan disajikan ini dengan pasta yang dimasak, daging asap yang digoreng dengan lemak atau mentega susu, lalu dicampur dengan campuran telur mentah, parutan keju, dan lada hitam. Campuran telur mentah, parutan keju, dan lada hitam pada diaduk bersama dengan pasta ketika pasta dalam kondisi panas. Campuran tadi tidak dimasak di atas api saat mengaduknya. Hal ini dilakukan agar telur tidak menggumpal atau kematangannya tak merata.

Sebaiknya dalam olahan resep Creamy Fettucini Carbonara menggunakan daging asap yang berjenis daging merah seperti daging sapi. Sebenarnya tidak ada salahnya juga jika shobat yudi tak terlalu menyukai daging merah lalu menggantinya dengan daging putih asap seperti daging ayam asap atau ikan. Namun, penggunaan daging asap selain daging merah akan berdampak pada Resep Creamy Fettucini Carbonara. Selain memang resep masakan ini orisinalitas rasanya berasal dari bahan yang otentik, pasta yang dibuat akan terasa aneh jika menggunakan daging putih.

Siswa/siswi kelas 11 MIPA 4 SMAN 1 Bojonegoro
Kelompok kerja membuat olahan makanan internasional (continental food)
Cooking Demo Kreasi Menu Creamy Fettucini Carbonara ala Italia

Baik shobat Yudi langsung saja simak ulasan lengkap resep olahan dari menu fettuccine carbonara yang creamy!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Creamy Fettucini Carbonara, yaitu sebagai berikut:

450 gram pasta fettuccine, 5 lembar smoke beef, 1 kaleng cornet, 1 buah bawang bombay cincang, 4 siung bawang putih geprek lalu cincang, 500 ml susu cair UHT, 1 sdm tepung terigu, margarin secukupnya, minyak goreng secukupnya, 1 bungkus keju cheddar parut, lada bubuk secukupnya, garam secukupnya dan oregano secukupnya

Langkah pembuatannya:
  1. Rebus pasta dengan ditambahkan sedikit minyak goreng dan garam, masak hingga aldente, lalu tiriskan. 
  2. Lelehkan margarin kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah di cincang sampai wangi dan sedikit layu. 
  3. Tambahkan smoked beef dan cornet, kemudian tumis hingga matang. 
  4. Masukkan tepung terigu dan juga susu uht sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. 
  5. Tambahkan keju chedar yang sudah diparut, aduk rata. 
  6. Setelah itu tambahkan fettuccine yang sudah di rebus tadi dan aduk sampai semua bahan tercampur dengan baik. 
  7. Tambahkan lada, garam dan oregano ke dalam masakan, lalu koreksi rasa. 
  8. Jika di rasa ada yang kurang, silahkan tambahkan bumbu lainnya sesuai selera. 
  9. Angkat, matikan api kompor, dan sajikan.
Proses penyajiannya dapat dilakukan selagi hangat. Semua bahan-bahan yang diolah pada menu ini memberikan sensasi rasa yang lezat dan pas di lidah.

Creamy Fettucini Carbonara siap disajikan selagi hangat

Ok..... shobat Yudi demikian resep olahan masakan Internasional dari menu Creamy Fettucini Carbonara. Makanan khas dari negeri Italia yang nendang dan lezat ini menggugah selera tentu saja dapat dibuat dengan cara yang mudah dan cukup praktis.

Oh iya, cooking demo kreasi menu olahan makanan Internasional ini dalam rangka untuk pengambilan nilai praktik mata pelajaran Prakarya Kewirausahaan di SMAN 1 Bojonegoro. Tema yang dipilih adalah bab pengolahan dengan kompetensi dasar 4.7 mengolah atau membuat makanan Internasional dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.  

Selamat mencoba dan salam kuliner...!!!

No comments: