Menu

Tugas Terstruktur Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi KD 3.6 dan KD 3.7


Penilaian menurut Permendikbud No. 23 Tahun 2016 adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Proses tersebut dilakukan melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber agar lebih komprehensif. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh sebab itu, pengumpulan informasi yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik harus lengkap dan akurat agar dihasilkan keputusan yang tepat.

Pemberian tugas pada siswa adalah salah satu bentuk dari pendidikan dan pengajaran kepada siswa. Memberikan tugas sekolah atau pun pekerjaan rumah (PR) pada siswa memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tidak hanya di sekolah namun juga saat berada di rumah.

Pemberian tugas pada siswa di sekolah menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan guru untuk mengukur kemampuan siswa dan dijadikan sebagai bahan evaluasi pembelajaran. Ada berbagai bentuk tugas yang bisa diberikan guru terhadap siswa, mulai dari soal ujian, tugas portofolio, tugas praktik dan lainnya

Terdapat dua macam tugas dalam proses pembelajaran, yaitu tugas terstruktur dan tugas tidak terstruktur atau tugas mandiri.

1. Tugas Terstruktur  
Tugas terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang dirancang oleh guru, dalam rangka pendalaman materi siswa, untuk mencapai capaian pembelajaran. waktu penyelesaian tugas terstruktur ini masuk dalam kegiatan tatap muka di kelas. lama penyelesaian tugas disesuaikan dengan beban SKS mata pelajaran. 

2. Tugas mandiri (Tugas Tidak Terstruktur) 
Tugas mandiri merupakan tugas tidak terstruktur, yaitu kegiatan pembelajaran berupa pendalaman materi yang dirancang oleh guru, untuk siswanya, dan dikerjakan di luar kegiatan tatap muka di kelas. Kegiatan ini dilakukan untuk mencapai capaian pembelajaran. Waktu penyelesaian ditentukan oleh guru, dengan memperhatikan besarnya beban sks pada mata pelajaran tersebut. Tugas mandiri dapat melatih siswa disiplin dalam mengisi waktunya di luar kelas dengan belajar mandiri, mengerjakan tugas yang diberikan guru.

Pemberian tugas terstruktur kepada siswa kelas 11 semester genap pada pembelajaran hari ini adalah materi disarikan dari buku paket Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) tentang wirausaha rekayasa bidang konversi energi dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.6 memahami proses perencanaan usaha bidang konversi energi, meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran. Kompetensi Dasar (KD) 3.7 menganalisis sistem produksi peralatan konversi energi berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.

Silahkan kerjakan tugas terstruktur dari soal pilihan ganda berikut ini dengan memilih jawaban yang paling benar! Waktu yang diberikan 40 menit.

No comments: