Menu

Pembelajaran Prakarya Kewirausahaan Bidang Rekayasa Diskusi Perencanaan Desain Prototype Konversi Energi

Pembelajaran Kreatif Inovatif Prakarya Kewirausahaan Bidang Rekayasa
Kelas 11 MIPA 2
Diskusi Perencanaan Desain Prototype Konversi Energi 

Sistem konversi energi adalah sistem yang merubah energi dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen yang memiliki peran penting dalam mengubah energi, seperti generator, motor, baterai, trafo, dan konverter listrik. Contoh dari proses konversi energi adalah saat listrik diubah menjadi energi panas pada kompor listrik, atau saat tenaga angin diubah menjadi listrik oleh turbin angin. Prinsip dasar dari sistem konversi energi adalah hukum kekekalan energi, di mana energi tidak dapat diciptakan atau dihancurkan, tetapi hanya berubah bentuk saja. Oleh karena itu, sistem konversi energi harus memperhatikan efisiensi dalam proses konversi agar tidak banyak energi yang terbuang menjadi panas atau suara.

Kegiatan pembelajaran Prakarya Kewirausahaan perencanaan wirausaha bidang konversi energi dengan menggunakan Cooperative Learning Model di kelas. Pembelajaran dilakukan di seluruh kelas 11 mulai dari 11 MIPA 1 sampai dengan 11 IPS 2. Kamis, (4/5/2023)

Pembelajaran Kreatif Inovatif Prakarya Kewirausahaan Bidang Rekayasa
Kelas 11 MIPA 2
Diskusi Perencanaan Desain Prototype Konversi Energi 

Pembelajaran Kooperatif atau Cooperative Learning adalah suatu metode pembelajaran atau strategi dalam belajar dan mengajar yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja dengan kata lain pembelajaran dilakukan dengan membuat sejumlah kelompok dengan jumlah peserta didik 5-8 siswa yang bertujuan untuk saling memotivasi antar anggotanya untuk saling membantu agar tujuan dapat tercapai secara maksimal.

Pembelajaran kooperatif dikenal sebagai pembelajaran secara berkelompok. Akan tetapi belajar kooperatif lebih dari sekedar belajar kelompok atau kerja kelompok karena dalam belajar kooperatif ada struktur dorongan atau tugas yang bersifat kooperatif sehingga memungkinkan terjadinya interaksi secara terbuka dan hubungan yang bersifat interdependensi efektif di antara anggota kelompok. Cooperative learning juga dapat diartikan sebagai suatu struktur tugas bersama dalam suasana kebersamaan di antara sesama anggota kelompok.

Konversi energi dari energi listrik menjadi energi cahaya, 
Konversi energi dari energi kinetik menjadi energi listrik,
Konversi energi dari energi termal menjadi kinetik

Kegiatan belajar mengajar (KBM) minggu ini diawali di kelas 11 MIPA 2 mata pelajaran Prakarya Kewirausahaan dengan pembahasan materi bidang rekayasa diskusi perencanaan desain prototype konversi energi. Di awal pertemuan setelah siswa mendapatkan materi dasar seputar energi, penjelasan hukum kekekalan energi dan sistem konversi energi dan dapat dipahami masing-masing siswa dengan baik. Berikutnya siswa membentuk sejumlah kelompok dengan jumlah peserta didik 5-8 siswa. Dimana masing-masing kelompok mendapatkan tugas berdiskusi tentang perencanaan dan pembuatan desain prototype sistem konversi energi yang hendak dibuat.

Sekilas penjelasan teori sistem konversi energi.... 

Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh listrik. Listrik merupakan daya atau kekuatan yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan atau melalui proses kimia. Energi kinetik merupakan energi gerak. Sebagian besar benda di dunia ini memiliki energi kinetik. Beberapa energi kinetik hadir karena adanya konversi atau perubahan energi dari suatu energi menjadi energi kinetik. Energi cahaya adalah energi yang dihasilkan oleh radiasi gelombang elektromagnetik yang berupa sinar.

Hasil diskusi kelompok siswa kelas 11 MIPA 2
Perencanaan dan pembuatan desain prototype
Konversi energi dari energi mekanik menjadi energi kinetik

Dalam ilmu fisika, energi mekanik merupakan total energi dari dua jenis energi, yakni energi kinetik dan energi potensial. Energi mekanik banyak ditemukan pada benda yang jatuh bebas karena benda yang jatuh memiliki energi kinetik dan energi potensial. 

Contoh konversi energi dari energi mekanik menjadi energi kinetik adalah ketika kita melempar sebuah bola. Saat bola dilempar, tangan kita memberikan gaya pada bola yang menyebabkan bola bergerak. Energi mekanik dari tangan kita kemudian ditembak menjadi energi kinetik pada bola. Semakin besar gaya yang diberikan, semakin besar pula energi kinetik yang dihasilkan oleh bola tersebut.

Hasil diskusi kelompok siswa kelas 11 MIPA 2
Perencanaan dan pembuatan desain prototype
Konversi energi dari energi mekanik menjadi energi kinetik

Konversi energi dari energi mekanik menjadi energi kinetik ini juga terjadi pada berbagai mesin, seperti mobil atau pesawat terbang. Mesin-mesin tersebut menggunakan energi dari bahan bakar untuk menghasilkan gerakan atau daya yang kemudian berubah menjadi energi kinetik.

Hasil diskusi kelompok siswa kelas 11 MIPA 2
Perencanaan dan pembuatan desain prototype
Konversi energi dari energi termal menjadi energi listrik

Energi termal adalah energi yang menghasilkan panas sehingga seringkali disebut sebagai energi panas. Definisi lain energi yang disimpan dalam suatu benda atau sistem akibat dari gerakan molekul-molekul di dalamnya. Semakin tinggi suhu suatu benda atau sistem, semakin tinggi pula energi termal yang disimpan di dalamnya. Energi termal dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan seperti memanaskan atau mendinginkan suatu benda atau sistem. Energi juga merupakan salah satu sumber energi termal yang digunakan untuk menghasilkan listrik melalui pembangkit listrik tenaga panas bumi atau PLTU (pembangkit listrik tenaga uap).

No comments: