Menu

Suasana Lebaranku yang Menarik dan Penuh Keceriaan 1 Syawal 1444H

Lebranku bersama siswa/siswi SMAN 1 Bojonegoro


Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H yang bertepatan pada tanggal 21-22 April 2023. Idul Fitri adalah hari besar keagamaan yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Ini menandai akhir Ramadhan, bulan suci puasa, dan awal Syawal, bulan kesepuluh dalam kalender Islam. Hari kemenangan setelah sebulan lamanya bergelut dengan hawa nafsu, menghindari perbuatan keji dan munkar. Setiap insan berlomba mengumpulkan banyak pahala untuk mendapatkan ridha, kasih sayang dan ampunan dari Allah SWT.

Idul Fitri terindentik dengan silahturahim, kunjung mengunjungi, hidangan kuliner,  kue-kue enak dan bermacam jenis rasa, mudik atau balek kampung. Mudik atau balek kampung adalah tradisi yang lestari dan menjadi identitas muslim Indonesia dalam menyambut 1 Syawal. Biasanya, perjalanan mudik dapat memakan waktu yang lama dan melelahkan akibat naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi

Kerinduan akan menggelora bagi perantau yang telah lama meninggalkan kampung halaman. Ada guratan kekecewaan saat orang yang dinanti tidak dapat berkumpul dalam suasana idul fitri. Yang jauh diseberang pun merasa hampa sebab tidak dapat bertemu dengan sanak keluarga terkasih. Banyak faktor penyebab mengapa perantau tidak dapat pulang kampung setiap perayaan lebaran.

Lebaran dengan keluarga kecilku dapat mudik mengunjungi sanak saudara di kampung istri
Desa Batokan - Kasiman Bojonegoro 

Makna dari perayaan Idul Fitri adalah upaya untuk merefleksi diri dengan kesyukuran dan kegembiraan karena Allah SWT. Kita harus dapat menampilkan diri sebagai muslim terbaik dengan bertambah pengalaman dan berkurangnya sisa hidup. Jangan kita maknai  Idul Fitri hanya tentang pakaian baru, dan makanan yang mewah sebagai tanda kebahagiaan. Walaupun pada dasarnya umat muslim disunnahkan untuk menggunakan pakaian baru, tetapi secara hakikat, bukan itu makna sesungguhnya dari perayaan Idul Fitri. Idul Fitri adalah kembalinya seorang hamba Allah ke fitrah. Hidup menjadi lebih baik dan baik dari sebelumnya.

Lebih baik dari sebelumnya memiliki makna mendalam yang tidak hanya terucap dibibir. Tetapi menjadi sebab dan semangat untuk melakukan perubahan dengan tujuan kualitas hidup. Misalnya memperbaiki hubungan yang kurang harmonis dengan saudara atau kolega dengan melakukan silahturahim untuk bermaafan. Kunjung mengunjungi atau silahturahim merupakan identitas muslim dan menjadi budaya yang jamak dilakukan oleh umat Islam Indonesia juga di dunia tiap momen Idul Fitri. Jika pada hari biasa kita disibukkan dengan aktifitas atau kesibukan sehari-hari sehingga tidak ada waktu bertemu  dengan sanak saudara dan keluarga,  maka berbeda saat perayaan Idul Fitri. Semangat berkumpul, kegembiraan bersilahturahim dan saling mengunjungi sangat terasa karena keikhlasan dengan saling memaafkan, membuka sekat perbedaan pendapat, ruang hati untuk tidak lagi membenci atau mendendam. Kunci kembali ke fitrah adalah dengan memaafkan dan tidak mempersoalkan perbedaan yang memang ada atau tampak.

Lebaranku berkumpul dengan keluarga besar mbah Kardimin
Lotus Cafe & Resto, Bojonegoro Kadipaten
Jalan Dewi Sartika No 39 Kadipaten Bojonegoro

Lebaran adalah momen yang penting bagi umat muslim di seluruh dunia untuk merayakan Idul Fitri. Salah satu tradisi penting pada Lebaran adalah momen bermaaf-maafan antara keluarga, teman, dan kolega. Momen ini dianggap sebagai salah satu momen yang paling penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

Lebaranku silaturahmi dengan Pemerintah Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro
New Garasi Cafe and Bristo
Jalan Mangga No.2A, Jantur, Mulyoagung, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro

Bermaaf-maafan adalah ungkapan permohonan maaf dan pengampunan atas kesalahan atau kekeliruan yang dilakukan dalam satu tahun terakhir. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa kasih sayang antara sesama manusia yang diwujudkan dengan permintaan maaf dan pengampunan. Selain itu, saat bermaaf-maafan juga dapat menjaga hubungan antara keluarga, teman, dan kolega agar tetap harmonis dan baik satu sama lain.

Maka dari itu, momen Lebaran adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan maaf dan permohonan maaf kepada orang-orang yang telah disakiti dalam satu tahun terakhir. Hal ini dapat mempererat tali persaudaraan dan menjaga hubungan harmonis antara sesama. 

Lebaranku silataurahmi dengan keluarga besar SMAN 1 Bojonegoro
Ruang Aula Lantai 2 SMAN 1 Bojonegoro
Jalan Panglima Sudirman 28 Bojonegoro

No comments: