Menu

Jangan Menunggu Waktu Untuk Berubah, Tapi Berubahlah Selagi Ada Waktu


Selamat buat alumni lulusan SMAN 1 Bojonegoro tahun pelajaran 2022/2023  yang sudah mengikuti prosesi acara Purnawiyata Siswa ke-73 SMAN 1 Bojonegoro bertempat di Hotel Dewarna Kabupaten Bojonegoro hari ini. Semoga ilmu yang telah didapatkan menjadi berkah dan manfaat bagi orang lain. Dan semoga Allah SWT selalu mempermudah langkah-langkah kita semua. Selamat atas kelulusannya. Sabtu, (3/6/2023)

Sebuah nasehat yang baik telah disampaikan oleh Rektor Universitas Brawijaya Malang yang merupakan alumni SMAN 1 Bojonegoro tahun 1992 (Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc.) melalui orasi ilmiah nya, beliau berpesan, agar para lulusan SMAN 1 Bojonegoro terus mengasah soft skills dan etos kerja. Kesuksesan dapat diraih oleh pribadi yang memiliki prinsip kerja keras, ikhlas, dan cerdas. Generasi muda harus memahami kultur budaya global agar mampu berperan dalam mengatasi permasalahan global, misalnya dalam bidang kesehatan, energi, dan pangan.

Tiga (3) tahun lamanya kalian sudah banyak belajar di sekolah menimba ilmu dan mengembangkan soft skills tentang Berkomunikasi dengan baik: kemampuan berbicara dan mendengarkan dengan baik, serta dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan lugas. Beradaptasi dengan cepat: terbuka terhadap perubahan dan siap menghadapinya dengan cepat serta menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Berkolaborasi: mampu bekerja sama dengan orang lain / teman-teman kalian dan membangun hubungan tim yang baik serta menghargai kontribusi setiap anggota tim di setiap menyelesaikan tugas dari bapak/ibu guru. Kreatif: membangun kreativitas dalam memecahkan masalah dan menemukan inovasi baru untuk menyelesaikan suatu tugas. Kepemimpinan: mampu memimpin dan mengatur orang lain untuk mencapai tujuan bersama yakni belajar berorganisasi dengan baik dan mampu menjalankan visi misi dan tujuan sekolah dengan baik.

Etos Kerja: Kalian semua telah membuktikan dan mampu menyelesaikan tugas belajar dengan tepat waktu dan sesuai standar yang ditetapkan. Bertanggung jawab atas peran dan tugas yang diemban. Berdedikasi untuk mencapai tujuan dan mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh. Karakter yang baik telah terbangun dengan dibuktikan selalu menghormati orang tua, teman sejawat maupun orang lain serta menghindari perilaku yang tidak etis. Mengoptimalkan waktu dan sumber daya yang ada untuk mencapai hasil yang maksimal. 

Sedikit nasehat dari kami (para guru yang sudah membimbingmu) lulus sekolah (SMA) bukan berarti selesai dan berhenti belajar melainkan terus lah belajar dan belajar mengasah soft skill dan etos kerjamu. dimanapun dan kapanpun untuk tidak melupakan almamater yang sudah membersamaimu dan mendidikmu. 

Jangan Menunggu Waktu Untuk Berubah, Tapi Berubahlah Selagi Ada Waktu

Percaya lah bahwa perubahan adalah suatu hal yang konstan dan penting dalam kehidupan kita. Kita tidak boleh menunggu waktu untuk melakukan perubahan, tetapi harus selalu bersedia untuk berubah sepanjang waktu. Dalam melakukan perubahan, kita dapat mengambil langkah kecil yang positif setiap hari untuk mencapai tujuan kita. Janganlah menunggu terlalu lama karena waktu tidak akan menunggu kita. Ambil tindakan sekarang juga dan jangan ragu untuk berubah!   

No comments: