Menu

Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kereta Magnet (Elektric Train)

Kereta Magnet (Elektric Train)
Konversi Energi
Energi Potensial - Energi Kinetik

Mengingat kembali materi sebelumnya yang sudah dijelaskan pada modul prakarya di artikel channel Yudi's Blog pada laman Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi mengutip dari buku Energi dan Perubahannya yang ditulis oleh Drs. Kandi, M.A., dan Drs. Yamin Winduono, M.Pd ada sembilan (9) macam energi salah satunya adalah energi potensial dan energi kinetik. Beberapa contoh energi potensial yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari antara lain baterai mainan memiliki energi potensial kimia yang diubah menjadi energi kinetik saat mainan diaktifkan, sebuah magnet dan benda logam ketika magnet ditempatkan dari jarak jauh dari benda logam, energi potensial elektrostatik dihasilkan, dan dua magnet yang berhadapan kutub positifnya ketika dua magnet saling dihadapkan kutub positif dan ditempatkan sangat dekat satu sama lain, energi potensial elektrostatik dihasilkan.

Kegiatan pembelajaran materi wirausaha rekayasa bidang konversi energi selanjutnya, silahkan lihat video contoh mainan kereta magnet sederhana (Elektric Train) untuk pembahasan konversi energi potensial ke energi kinetik dibawah ini


Penjelasan video kereta magnet (Elektric Train) :

Pada video diatas adalah demonstrasi menarik dari magnet yang digerakkan dengan baterai AA sederhana. Dua magnet yang menempel di kedua ujung baterai AA yang mengalir melalui gulungan kawat tembaga membuat kereta bergerak cepat. Dalam video tersebut menampilkan beberapa menit demo kereta magnet dengan berbagai trek, baterai dan magnet.

Cara kerjanya sederhana disaat magnet menyentuh kabel tembaga, sambungan listrik dibuat. Ketika kedua magnet menyentuh kawat, kawat tembaga yang cukup pendek menghantarkan listrik dari satu ujung ke ujung lainnya. Ini benar-benar membuat baterai korslet! Arus tinggi menginduksi medan magnet di dalam gulungan kawat. Dengan cara magnet diatur, medan magnet yang diinduksi mendorong magnet, menolaknya.

Cara membuat gulungan kawat tembaga, pilih kawat tembaga yang sangat pendek, kemudian melilitkan kawat tembaga di sekitar batang kayu dengan tangan. Untuk teknis membuat lilitan kawat tembaganya yang benar dan akurat silahkan simak video di bawah ini dijelaskan bagaimana memasang batang kayu di ujung bor listrik untuk melilitkan kawat.


Batang kayu yang digunakan berdiameter 5/8". Setelah melepaskan kawat dari batang kayu, ia mengendur sedikit ke ukuran yang sedikit lebih besar. Hal ini memungkinkan magnet berdiameter 5/8" (dan baterai yang sedikit lebih kecil) meluncur melaluinya dengan baik.
 
Pemilihan magnet untuk demonstrasi kereta magnet (Elektric Train). Kuncinya adalah memilih magnet yang diameternya sedikit lebih besar dari baterai. Ini memastikan magnet akan melakukan kontak dengan kawat tembaga. Demonstrasi diatas menggunakan magnet cakram DA6 berdiameter 5/8" x 3/8" dengan baterai AA.

Perhatian: hati-hati bila ingin membuat eksperimen pada contoh video diatas, perlu diperhatikan bahwa jika baterai dibiarkan bekerja terus menerus selama lebih dari beberapa detik maka akan timbul panas. Jadi tangani dengan hati-hati. 

Tugas Kelompok
Buat kelompok masing-masing anggota terdiri atas 6-7 orang atau 1 kelas terbagi atas 6 kelompok. Silahkan lihat video contoh konversi energi dibawah ini. Lalu analisis dan diskusikan dengan kelompok masing-masing.

No comments: